oleh

Klasifikasi danau

Danau adalah cekungan-cekungan permukaan bumi, baik itu yang terjadi akibat proses tektonisme, vulkanisme, ataupun proses lain yang lama-kelamaan terisi oleh air. Air tersebut dapat berasal dari air hujan atau air sungai yang bermuara di cekungan tersebut.

Klasifikasi danau berdasarkan terjadinya

Danau Vulkanik

Danau yang terjadi karena adanya aktivitas gunung api. Daerah bekas letusan, terbentuk cekungan yang kemudian terisi oleh material vulkanik yang tidak tembus air sehingga air hujan yang jatuh di cekungan itu tertampung dan terbentuklah danau vulkanik. Contoh danau vulkanik antara lain danau kalimutu (flores), Segara anakan (rinjani), sarangan, kawah ijen, dan kerinci. Apabila telah terbentuk danau, kemudian vulkan aktif kembali dan aktivitas vulkan ini bersamaan dengan peristiwa tektonik, danau yang terbentuk disebut danau vulkano tektonik. Contoh nya danau toba di sumatra utara.

Danau Tektonik

Danau yang terjadi karena adanya tenaga tektonik yang menyebabkan bentuk permukaan bumi yang lebih rendah dari pada daerah di sekitarnya. Air yang masuk ke tempat itu tergenang dan terjadilah danau, contoh danau tektonik antara lain danau Tempe, Towuti, Poso, Tondano (pulau sulawesi), Laut tawar, Maninjau, dan Singkarak (pulau sumatra)

Danau karst atau doline

Danau karst terbentuk karena adanya pelarutan batuan kapur oleh air sehingga membentuk cekungan. Bila cekungan berisi air, maka terbentuk danau yang disebut dolina. Dolina yang besar dan luas dinamakan uvala, sedangkan yang lebih luas dari uvala adalah polje contoh danau/telaga di pegunungan seribu, daerah istimewa yogyakarta.

Danau erosi

Danau yang terbentuk karena adanya erosi atau pendalaman dasar lembah oleh gletser (massa es yang besar). Pada musim panas atau musim gugur, gletser yang mencair mengisi cekungan, sehingga membentuk danau. Contoh danau Great ( The Great Lake) di Amerika Utara, Danau Finger di New York.

Danau Gletser

Danau Gletser adalah danau yang terjadi karena adanya pencairan es. Danau gletser biasanya terdapat di kaki gunung atau pegunungan bersalju, misalnya di pegunungan Jaya Wijaya (Papua) dan Pegunungan Alpen (swiss).

Danau Tapal Kuda

Danau Tapal Kuda adalah danau yang terbentuk karena meander yang terputus. Danau ini mempunyai bentuk seperti tapal kuda atau melengkung.

Danau bendungan (waduk)

Danau yang sengaja di buat manusia untuk keperluan tertentu. Danau buatan dibentuk dengan cara membendung sungai.

Manfaat Danau

Danau mempunyai kegunaan yang banyak, seperti pengairan lahan pertanian (irigasi), pembangkit tenaga listrik, perikanan, rekreasi, olahraga, dan pelayaran. Pemanfaatan tersebut tergantung pada kondisi yang dimiliki danau atau waduk tersebut. Waduk juga memiliki fungsi menampung kelebihan air agar tidak menimbulkan banjir di DAS bagian hilir.

Usaha pelestarian danau

Menjaga kelestarian hutan dan penghijaun daerah disekitar sungai yang menuju ke danau, sehingga material yang dibawa sungai tersebut sangat sedikit.

Mencegah masuknya polutan (polutan yang berasal dari pabrik) ke aliran sungai yang menuju danau, sehingga tidak terjadi pencemaran danau.

Membina masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai yang mengalir ke danau

Membina masyarakat disekitar danau agar menjaga kelestarian lingkungan hidup

materi ini bisa di lihat di video bawah ini

baca juga tentang : Klasifikasi hujan dan kunjungi channel youtube kami disini