oleh

Memangnya Benar, Makan Gorengan Bisa Menyebabkan Jerawat?

-funfact-149 views

Sebagai remaja generasi Z, pasti kita pernah dong, ngalamin yang namanya jerawatan. Bahkan jerawat sekecil apapun yang ada dan singgah di wajah kita, itu menjadi titik lemah dan insecure kita terhadap orang lain. Tapi emangnya bener? Setelah kita makan gorengan banyak-banyak, kita bakal jerawatan?

Baca Juga : Kenali Orang Dengan Sifat Toxic dalam Relationship, Apakah Kalian Termasuk?

Kalian pasti pernah denger kalau makan makanan berminyak bisa menyebabkan jerawatan. Tapi itu adalah mitos belaka. Faktanya, makan makanan berminyak sama sekali tidak dapat mempengaruhi tumbuhnya jerawat. Jadi, kita bebas untuk mengonsumsi makanan berminyak, namun tetap harus dikurangi.  Gorengan mungkin memang tidak mempengaruhi timbulnya jerawat, tapi mengonsumsi gorengan berlebihan bisa membuah darah tinggi, obesitas, diabetes tipe 2, kardiovaskulas, dan lain sebagainya. Tetap dijaga ya, pola makannya.

Terus apa sih, yang menyebabkan timbulnya jerawat? Sebuah penelitian pada tahun 2016, melansir dari Medical News Today, bahwa makanan yang dapat mempengaruhi timbulnya jerawat justru adalah makanan dengan kandungan tinggi indeks glikemik serta produk susu. Contohnya seperti sereal, serela dengan bahan pengawet, nasi putih, popcorn, aneka camilan, dan sebagainya. Makanan-makanan itulah yang bisa menimbulkan jerawat di wajah kita. Tapi American Academy of Dermatology tidak menyarankan kalian menjauhi makanan yang mengandung susu, karna pada dasarnya tubuh kita juga membutuhkan kalsium dari susu.

Baca Juga : Kenali 4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Faktor lain yang dapat mempengaruhi timbulnya jerawat yaitu faktor genetika. Jika orang tua kalian mempunyai kulit yang berminyak dan itu menurun kepada kalian, bisa jadi kalian jerawatan karna hal tersebut. Tapi jangan menyalahkan orang tua kalian, kalian masih bisa mengatasi hal tersebut, bukan? Salah produk perawatan kulit juga bisa membuat jerawatan. Remaja sekarang harus pintar-pintar memilah skincare yang cocok dengan tipe atau jenis kulit mereka. Jika tidak, maka jerawat akan muncul di muka dan membuat mereka kecewa. Hal yang paling sederhana yang bisa mempengaruhi timbulnya jerawat adalah sering mencuci wajah. Jadi cucilah wajah sewajarnya dan jangan berlebihan.

Untuk mengatasi kulit yang timbul jerawat kalian bisa gunakan semacam pelembap kulit agar kulit kalian tetap terjaga kelembapannya. Pakai obat jerawat yang benar-benar sudah terbukti bisa menghilangkan jerawat dan sesuai anjuran dokter. Karna jika kalian salah pilih obat, jerawat kalian bisa meradang nantinya.