Indonesia sebagai Negara kepulauan sangat kaya dengan ragam bentang alam, terdiri dari 17.504 pulau, luas daratan 1.904.413 km2, luas laut 3.290.000 km2, panjang garis pantai lebih dari 80.000 km, Zone Ekonomi Ekslusif 2,7 juta km2.

Secara astronomi terletak antara 60 LU-110 LS dan 950-1410BT, seper enam dari panjang garis ekuator bumi dan memiliki palung laut. Indonesia memiliki karakteristik geografis yang unik, yakni negara kepulauan terluas di dunia, letaknya diapit oleh dua benua dan dua samudra, di tengah-tengah dilalui garis khatulistiwa, memiliki garis pantai yang panjang, pertemuan tiga lempeng tektonik, pertemuan dua sistem pegunungan dunia yang dikenal dengan cincin api (ring of fire).

Karakteristik wilayah indonesia seperti ini menyebabkan kondisi geologis, geomorfologis, klimatologis, dan antropogenik memiliki keuntungan seperti sumberdaya alam yang kaya, serta jumlah penduduk yang besar, beragam etnik dan budaya serta dalam kondisi starata sosial yang variatif. Di sisi lain kondisi itu mengakibatkan Indonesia berpotensi sering mengalami bencana alam yang dapat menimbulkan dampak merusak yang menimbulkan kerugian besar baik jiwa maupun harta benda.