oleh

Potensi Perairan Laut Indonesia

GEOVOLCAN.com – Hai sahabat geografi kali ini kita akan belajar tentang potensi perairan laut Indonesia, negara kita memiliki wilayah perairan laut yang sangat luas yakni 5,8 juta km atau 3/4 dari keseluruhan wilayah Indonesia.

Di dalam wilayah laut tersebut terdapat sekitar 17.508 pulau dan dikelilingi garis pantai sepanjang 81.000 km, yang merupakan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

Potensi Perairan Laut

Potensi Perairan Laut yang dapat dikembangkan antara lain :

1. Perikanan

Laut Indonesia memiliki angka potensi lestari sebesar 9,9 juta tonper tahun. Di Indonesia bagian Barat dengan rata-rata kedalaman 75 meter, jenis ikan yang banyak dtemukan adalah ikan kecil. di kawasan Indonesia Timur yang kedalaman lautnya mencapai 4.000 m, banyak ditemukan ikan besar seperti tuna dan cakalang.

2.Budidaya Kelautan

Budidaya kelautan terdiri dari budidaya ikan, budidaya moluska (kekerangan, mutiara, dan teripang), dan budidaya rumput laut, yang potensi lahan pengembangannya mencapai sekitar 913.000 hektar. Indonesia memiliki sumber daya perikanan meliputi, perikanan tangkap di perairan umum seluas 54 juta hektar dengan potensi produksi 0,9 juta ton/tahun. Sedangkan untuk rumput laut, tersedia sekitar 1,1 juta hektar tetapi baru sekitar 20% atau 220.000 hektar yang sudah dimanfaatkan. Salah satu sektor ekonomi kelautan yang berpeluang besar untuk menjadi penyelamat adalah sektor perikanan budidaya (aquaculture), khususnya budidaya laut (mariculture).

Baca Juga : Zona Pesisir dan Zona Laut

3.Bioteknologi Kelautan

Bioteknologi kelautan adalah teknik penggunaan biota laut untuk membuat atau memodifikasi produk, memperbaiki kualitas tumbuhan dan hewan, dan merekayasa organisme untuk keperluan tertentu.

Pemanfaatan Kekayaan Sumber Daya Laut Indonesia

1. Laut sebagai sumber pangan

Laut merupakan habitat bagi oranisme di dalamnya, baik itu tumbuhan maupun hewan. Tumbuhan (rumput laut dan alga) dan hewan (teripang,kerang, udang, cumi, dan beragam ikan baik demersal atau pelagis) dapat ditangkap nelayan sehingga menjadi komoditi bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan pangan.

2. Sebagai Objek Wisata

Laut juga memiliki manfaat sebagai objek wisata, karena memiliki panorama yang indah. Bukan hanya keindahan yang terlihat di atas permukaannya tetapi juga keindahan yang tersimpan di dasar laut yaitu keindahan terumbu karang dengan biota di dalamnya. Contoh objekwisata bahari terkenal di Indonesia adalah Bunaken dan Wakatobi (Sulawesi).

3. Sebagai Media Transportasi

Indonesia merupakan negara kepulauan, sarana transportasi laut memiliki potensi yang penting. Banyak pelabuhan terkenal di Indonesia yang dapat disinggahi kapal barang atau kapal penumpang. Contoh Pelabuhan Tanjung Perak, Tanjung Priuk, Tanjung Emas, Ketapang, dan sebagainya.

Lihat juga : Materi Hidrosfer Bagian Laut

4.Sebagai Sumber Bahan Tambang

Bahan tambang bukan hanya diperoleh di darat tetapi ada pula yang tersimpan di dalam laut. Potensi bahan tambang di laut sangat beragam, misalnya, pasir laut yang banyak diekspor ke Singapura dan Malaysia, timah dan bauksit yang banyak terdapat di Pulau Bangka Belitung.

Itu lah sedikit Potensi Perairan Laut Indonesia, kita harus bangga dan bersyukur bertempat tinggal di Indonesia.