Geovolcan.com – Hai sahabat geovolcan dalam proses pembentukan tanah ada beberapa istilah dalam pembentukan tanah, Sementara Untuk melihat morfologi tanah dapat dilakukan dengan cara memotong tubuh tanah dengan tegak dari permukaan hingga kedalaman tertentu sehingga akan tampak lapisan/ horizon-horizon tanah.

Horizon tanah utama tersusun atas beberapa tingkat lapisan, yaitu:

Horizon O, merupakan horizon organik. Lapisan tanah ini sebagian besar tersusun atas bahan organik, baik masih hidup maupun yang sudah membusuk. Terbentuk di bagian paling atas, di atas lapisan mineral. Horizon ini berwarna kelam hingga hitam.
Horizon A, merupakan horizon mineral yang letaknya di bawah horizon O. Tersusun atas zat-zat renik, hewan-hewan tanah, maupun fosil hewan dan tumbuhan yang belum lama mati. warna sedikit kecoklatan.
Horizon B, merupakan horizon mineral yang ditandai penimbunan basa, lempung besi, aluminium, atau bahan organik yang telah tercuci dari horizon A. Lapisan ini memiliki konsentrasi atau lempung yang terbentuk karena larutnya karbonat atau garam-garam lain. Ciri-ciri umum lapisan ini ialah warna tanah lebih kelam, tekstur lebih halus, dan struktur lebih mampat di bandingkan horizon A di atasnya.
Horizon C, merupakan horizon mineral yang masih berbentuk bahan induk. Horizon ini kurang dipengaruhi oleh proses perkembangan tanah, dan tidak memperlihatkan ciri-ciri diagnostik horizon A dan B.
Horizon R merupakan lapisan batuan induk tanah berupa batuan yang masih utuh.

Beberapa Istilah dalam Pembentukan Tanah

Eluviasi: Perpindahan material keluar dari suatau bagian tubuh profil tanah
Iluviasi: Perpindahan material memasuki suatu bagian tubuh tanah
Leaching: hilangnya material yang bisa larut keluar dari tubuh tanah
Enrichment: penambahan material ke dalam tubuh tanah
Cumulization: penambahan partikel mineral baik karena proses angin maupun air pada tanah permukaan
Decalcification: reaksi-reaksi yang menghilangan kalsium karbonat dari satu atau lebih horizon tanah
Calcification: proses penimbunan kalsium karbonat pada sebuah horizon tanah
Salinization: penimbunan garam mudah larut dalam sebuah horizon tanah
Dekomposisi: penghancuran mineral dan bahan organik secara kimia, menghasilkan senyawa yang lebih sederhana
Humifikasi: proses berubahnya bahan organik mentah menjadi humus
Gleisasi: proses reduksi besi dibawah kondisi anaerob karena penggenangan dengan menghasilkan warna tanah kebiruan hingga keabu-abuan.

itu lah beberapa istilah dalam pembentukan tanah , baca juga tentang Unsur Hara Tanah Soil’s Unsure dan Materi Geografi Profil Tanah