geovolcan.com. – Hai sahabat geovolcan kali ini kita belajar tentang definisi lingkungan hidup, komponen lingkungan hidup, dan contoh- contoh kerusakan lingkungan hidup.

Definisi Lingkungan Hidup

Hubungan kehidupan menusia dengan makhluk hidup lain di bumi dapat kita buktikan dalam kehidupan sehari-hari. Lingkungan hidup dapat diartikan sebagai kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang memengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Komponen Lingkungan Hidup

  1. Lingkunan Alamiah : Sistem yang terbangun secara alami baik dari makhluk hidup dan benda mati. Stratanya dapat tersusun sebagai berikut:
    a. Spesies/ Organisme : satu makhluk hidup
    b. Populasi : kumpulan spesies yang sama dalam jumlah banyak
    c. Komunitas : Kumpulan beberapa populasi sejenis dalam satu kawasan
    d. Ekosistem : Gabungan Beberapa komunitas dan komponen abiotik dalam satu kawasan
    e. Bioma : Ekosistem dalam skala luas dengan penciri iklim
  2. Lingkungan Buatan : lingkungan hidup alamiah yang sudah didominasi oleh kehadiran manusia. Lingkungan hidup binaan dapat terbentuk, antara lain karena jumlah penduduk dan kebutuhan hidup manusia yang makin meningkat sehingga memaksa manusia mengubah lingkungan hidup alamiah. Contoh: sawah dan tempat wisata alam pantai.

Baca Juga Tentang : Materi Biosfer

Kerusakan Lingkungan Hidup

Beberapa contoh kerusakan lingkungan hidup antara lain adalah:

  1. Pencemaran lingkungan : masuknya unsur-unsur yang dapat merusak tata kelola dan unsur dalam lingkungan itu sendiri. Jenis-jenis pencemaran antara lain:
    a. Polusi tanah : karena sampah plastik ataupun sampah anorganik lain dan pupuk atau obat-obatan kimia yang berlebihan. Dampaknya adalah berkurangnya tingkat kesuburan tanah sehingga lambat laun tanah tersebut akan menjadi tanah kritis yang tidak dapat diolah atau dimanfaatkan.
    b. Polusi air : karena zat-zat seperti deterjen, pestisida, minyak, dan berbagai bahan kimia lainnya, selain itu, tersumbatnya aliran sungai oleh tumpukan sampah juga dapat menimbulkan polusi atau pencemaran. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air adalah rusaknya ekosistem perairan, seperti sungai, danau atau waduk, tercemarnya air tanah, air permukaan, dan air laut.
    c. Polusi Udara : disebabkan oleh asap sisa hasil pembakaran, khususnya bahan bakar fosil (minyak dan batu bara).
  2. Degradasi lahan : Proses berkurangnya daya dukung lahan terhadap kehidupan. Degradasi lahan merupakan bentuk kerusakan lingkungan akibat pemanfaatan lingkungan oleh manusia yang tidak memerhatikan keseimbangan lingkungan.

sekian materi tentang definisi lingkungan hidup, kunjungi dan subscribe kami di channel youtube ->> geo volcan