Hai sahabat geovolcan bagaimana kabarnya ? sehat semua kan ya, kali ini kita akan belajar tentang karakteristik Negara Berkembang.

Berdasarkan tingkat kemajuannya, negara-negara di dunia dikelompokan menjadi negara berkembang (developing country) dan negara maju (developed country). Untuk kali ini kita akan membahas negara berkembang dari segi perekonomian, penduduk, dan teknologi di negara berkembang.

Ada beberapa karakteristik negara berkembang secara umum antara lain sebagai berikut:

Perekonomian negara berkembang

Sistem perekonomian di negara berkembang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Berdasarkan kriteria ekonomi, berikut karakteristik perekonomian di negara berkembang :

Pendapatan perkapita rendah

Karasteristik negara berkembang yang paling menonjol/terlihat adalah standart hidup yang rendah. Kondisi ini disebabkan oleh rendahnya pendapatan perkapita masyarakat di negara tersebut.

Pendapatan perkapita adalah barang dan jasa yang dimiliki oleh rata-rata penduduk.

Sedikitnya pendapatan perkapita yang di terima, maka sedikit pula barang dan jasa yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan.

Perhatikan pendapatan perkapita negara berkembang berikut.

NO Negara Pendapatan Per Kapita (US$)
1. Indonesia 4.040
2. India 1.880
3. Malaysia 10.190
4. Thailand 7.300
5. Sri Langka 3.700
6. Timor Leste 1.460
Sumber : international Monetary Fund (2020)

Tabel di atas menunjukan beragamnya pendapatan per kapita negara berkembang,  angka tersebut akan terus berkembang mengikuti dinamika perekonomian dan pertumbuhan penduduk suatu negara.

Pertumbuhan ekonomi rendah

Kondisi ekonomi suatu negara dapat di pantau dari pertumbuhan ekonominya. Pencapaian angka pertumbuhan ekonomi akan menetukan strategi pembangunan berkelanjutan.

Kondisi ini dipengaruhi oleh tingginya angka pengangguran dan rendahnya iklim investasi masyarakat.

Masalah penganguran di indonesia sampai saat ini masih manjadi permasalahan yang membutuhkan penanganan khusus. Angka penganguran yang tinggi disebabkan oleh ketersediaan angkatan kerja yang sedikit.

Angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang besar di nagara tersebut

Mata pencaharian penduduk umumnya bercorak agraris

Sebagaian besar penduduk negara berkembang bekerja di sektor pertanian, pertanian di negara berkembang berorientasi untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, jika kebutuhan pangan dalam negeri belum tercukupi maka pemerintah akan melakukan impor.

Komoditas ekspor berupa bahan mentah

di satu sisi negara berkembang kaya sumber daya alam, di sisi lain negara belum mampu mengolah sumber daya alam secara optimal.

Kondisi ini di pengaruhi proses produksi, ketersedian modal, penerapan teknologi, dan tenaga ahli masih terbatas. Akibatnya, nagara berkembang hanya jadi penyedia utama bahan mentah dan konsumen barang jadi.

Penduduk negara berkembang

Berbeda dengan negara maju, kondisi kependudukan di negara berkembang di pengaruhi tingkat pendidikan dan perekonomian yang rendah.

Kondisi ini menyebabkan kualitas penduduk di negara berkembang masih rendah.

Adapun kharasteristiknya penduduk negara berkembang sebagai berikut .

  • Angka  pertumbuhan penduduk per tahun tinggi
  • Angka kematian penduduk pertahun tinggi
  • Usia harapan hidup rendah
  • Tingkat pendidikan penduduk relatif rendah
  • Angka pengangguran tinggi

Baca Juga Materi Geografi kelas 12 NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

Teknologi negara berkembang

Teknologi tepat guna belum digunakan secara optimal dan mengunakan teknologi sederhana dengan sumber tenaga manusia.

Akibatnya, produktivitas nasional rendah, contoh petani di Indonesia masih mengunakan alat-alat sederhana dalam melakukan aktivias pertanian. Berbeda dengan jepang yang mengunakan teknologi tepat guna di bidang pertanian, dari menanam hingga memanen komoditas pertanian, jadi di negara jepang lebih unggul secara kuantitas dan kualitas.

Contoh negara bekembang

Negara berkembang gencar melakukan pembangunan di segala bidang untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan penduduknya. Berikut beberapa contoh negara berkembang.

Benua asia, persebaranya di Asia Tengah yaitu Kazakhstan dan Afganistan, Asia Selatan yaitu India dan Sri Langka, Asia tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand, Asia Barat yaitu Irak dan Yaman.

Benua Amerika persebaranya di Amerika Tengah yaitu Meksiko dan Guatemala, Kepulauan Karibia yaitu Republik Dominika dan Jamaika, Amerika Selatan Yaitu Brazil, Venezuela, dan Argentina

Benua Afrika, Persebaranya yaitu Kenya, Mali, Nigeria, Angola, dan Zaire.