Hai sahabat geovolcan kali ini kita akan membahas tentang karakteristik negara maju, salah satu cara untuk mengukur standart hidup suatu negara dengan melihat beradasarkan pendapatan perkapita, kesehatan, pendidikan, angka kematian bayi, angka harapan hidup dan pekerjaan.

Di lihat dari salah satu aspek di atas negara maju biasanya berkaitan dengan negara-negara yang pendapatan per kapitanya lebih dari US$20.000 atau pendapatan per kapitanya tinggi.

Jadi, berdasarkan tolok ukur PDB (produk Domestik Bruto) Perkapita indonesia belum bisa di katakan dengan negara maju di karenakan pendapatan perkapita saat membuat materi ini adalah US$4.040 dari hal ini kita bisa menyimpulkan indonesia belum bisa di katakan negara maju.

Terus bagaimana karakteristik negara maju , ayo kita bahas mulai dari perekonomiannya, kependudukan, dan teknologinya.

Sebelum masuk ke karasteristik negara maju , lebih baik baca dulu karasteristik negara berkembang

Perekonomian Negara Maju

Salah satu karakteristik negara maju adalah fondasi perekonomian yang kuat. Hal ini berkaitan dengan pendapatan per kapita, angka pertumbuhan ekonomi, aktivitas utama ekonomi, dan komoditas ekspor.

Pendapatan Perkapita Tinggi

Perhatikan pendapatan per kapita beberapa maju di bawah ini

No Negara Pendapatan per Kapita (US$)
1 Australia 51.890
2 Finlandia 48.460
3 Jepang 39.050
4 Amerika 63.050
5 Jerman 45.470
6 Kanada 42.08
7 Prancis 39.260
8 Singapura 58.480

Sumber : international Monetary Fund (2020)  

Coba lihat tabel di atas menunjukan pendapatan per kapita di negara maju relatif tinggi. Nilai positif tersebut dipengaruhi tingkat pendapatan nasional yang tinggi dengan jumlah penduduk yang sedikit.

Pertumbuhan Ekonomi Tinggi

airport bank board business
Photo by Pixabay on Pexels.com

Di negara maju masalah pertumbuhan ekonomi diindikasikan dengan kehidupan penduduknya yang sejahtera. Makin rendah kemiskinan, makin tinggi tingkat pendapatan nasional disertai pertumbuhan penduduk rendah sehingga kesejahteraan hidup penduduk di negara maju meningkat

Aktivitas Perekonomian Utama pada Bidang Industri dan Jasa

woman wears yellow hard hat holding vehicle part
Photo by Chevanon Photography on Pexels.com

Salah satu karakteristik negara maju dapat dilihat dari aktifitas perekonominya. Sebagian besar penduduk negara maju bekerja pada bidang industri dan jasa.

Perkembangan industri di negara maju didukung ketersedian modal, sumber daya manusia berkualitas, dan pengunaan teknologi modern.

Hasil Kegiatan Industri sebagai Komoditas Ekspor

steel container on container dock
Photo by freestocks.org on Pexels.com

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memudahkan negara maju memproduksi berbagai barang untuk memnuhi kebutuhan dalam negeri dan luar negeri. Produk utama mereka biasanya berupa produk tersier atau sekunder. Negara maju mengekspor komoditas barang jadi yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Komoditas ekspor negara maju antara lain mobil, alat elektronik, kendaraan berat, dan makanan hasil olahan, dll.

Kependudukan Negara Maju

Negara Maju
Photo by LT Chan on Pexels.com

Angka pertumbuhan penduduk di negara maju adalah 15 banding 1000, dengan tingkat kematian yang rendah. Dengan rendahnya pertumbuhan penduduk tersebut, jumlah usia produktif lebih banyak dan angka ketergantungan sedikit. Hal ini dikarenakan antara kematian dan kelahiran jumlahnya seimbang.

  • Angka Pertumbuhan Penduduk Per Tahun Rendah
  • Angka Kematian Penduduk per Tahun Relatif Rendah
  • Usia Harapan Hidup Relatif Tinggi
  • Tingkat Pendidikan Penduduk Relatif Tinggi
  • Tingkat Pengangguran Rendah

Teknologi

Kemajuan pendidikan berbanding lurus dengan kemajuan teknologi di negara maju. Pendidikan berkualitas memunculkan sumber daya manusia berkualitas. Kesedian SDM berkualitas memicu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sehingga melahirkan teknologi baru.

Persebaran Negara Maju

Berikut contoh persebaran negara maju di belahan dunia.

  • Benua eropa meliputi Inggris, Prancis, Belanda, Jerman, Swedia, Norwegia, Spanyol, Finlandia, Denmark, Belgia, dan Swiss.
  • Benua Asia, Khususnya di wilayah Asia Timur seperti Jepang dan Korea Selatan, Serta wialayah Asia Tenggara yaitu Singapura.
  • Benua Amerika meliputi Kanada dan Amerika Serikat.
  • Benua Afrika yaitu Afrika Selatan
  • Australia dan Selandia Baru

Sekian rangkuman materi tentang negara maju, ikuti kami di youtube geo volcan