Geovolcan.com – hai sahabat geovolcan kalian tau dan sadar tidak bahwa indonesia mempunyai wilayah perairan lebih luas dari pada daratan. Sekitar dua pertiga wilayah indonesia merupakan perairan. Letak strategis indonesia di antara dua benua yaitu asia dan australia serta di antara dua samudra, yaitu pasifik dan samudra hindia.

Karakteristik ini lah yang menjadikan modal besar bagi indonesia sebagai negara maritim.

Secara definisi maritim adalah semua aktivitas yang berkaitan dengan laut, seperti eksploitasi  sumberdaya kelautan dan perikanan, transportasi laut, pengangkutan dan perdagangan hasil laut, pariwisata bahari, dan penelitian di bidang kelautan.

Indonesia akan mampu mengembangkan aktivitas di perairan laut sebagai sumber kebutuhan hidup dengan memanfaatkan potensi yang ada. 

Istilah poros maritim dunia berkaitan dengan posisi geografis indonesia dan bentuk wilayah indonesia yang berupa kepulauan terbesar di dunia. 

Secara geopolitik dan geoekonomi…

… indonesia secara posisi geografis dan bentuk wilayah kepulauan merupakan modal utama kekuatan indonesia untuk menjadi negara maju yang berbasis kelautan.

Pada era kepemimpinan presiden Joko widodo kemaritiman menjadi salah satu prioritas dalam proses pembangunan.

Salah satu program yang digalakkan adalah pembangunan tol laut.

Tol laut merupakan konsep pengangkutan logistik dengan kapan laut yang menghubungkan antardaerah di seluruh indonesia.

Menurut kalian ada nya tol laut akan kah bisa mengoptimalkan sektor bahari di indonesia dan membangun perekonomian indonesia secara cepat, cari beberapa sumber di internet ataupun buku dan coba kalian komentar di bawah kita akan berdiskusi tentang masalah kebijakan tol laut di indonesia.

Oke langsung saja kita bahas mulai dari…

Letak Kepulauan Indonesia

Amati gambar di bawah ini 

Peta Kepulauan Indonesia Foto: wikimedia.commons.org

Oke setelah kalian amati, di ketahui dari gambar tersebut secara geografis, wilayah kepulauan indonesia berbatasan dengan benua Asia di sebelah utara dan benua Australia di sebelah selatan.

Selain itu, 

Wilayah Indonesia berada di antara samudra Hindia di sebelah barat dan Samudra Pasifik di sebelah Timur, dari letak tersebut indonesia sangat lah di untungkan pada aspek ekonomi, sosial, dan budaya.

Letak geografis berpengaruh terhdap keadaan alam maupun penduduknya sedangkan letak astronomis berpengaruh terhadap iklim di indonesia.

Letak astronomis

Indonesia berapa di antara 6°LU (Lintang Utara)-11°LS (Lintang Selatan) dan 95°BT (Bujur Timur)-141°BT (Bujur Timur)

Pulau we di Nanggroe Aceh Darussalam merupakan wilayah NKRI yang terletak paling utara, berada pada posisi 6°LU (Lintang Utara)

Pulau Rote di NTT Merupakan Wilayah paling selatan di posisi 11°LS (Lintang Selatan)

Wilayah Indonesia paling barat adalah ujung utara Pulau Sumatera yang Berada pada posisi 95°BT (Bujur Timur)

Wilayah indonesia paling timur terdapat di kota merauke yang berada pada posisi 141°BT (Bujur Timur)

Posisi astronomis wilayah indonesia dapat menyebabkan beberapa hal

  1. Indonesia memiliki iklim tropis karena berada di kawasan khatulistiwa dengan ciri-ciri sebagai berikut
    1. Rata-rata curah hujannya tergolong tinggi
    2. Mempunyai kawasan hutan hujan tropis yang sangat luas serta mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.
    3. Sinar matahari yang cukup sepanjang tahun.
    4. Tingkat penguapan yang tinggi sehingga mengakibatkan kelembapan udara yang cukup tinggi.
  2. Kawasan Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu, di mana jeda waktu untuk tiap daerah masing-masing 1 jam. 
    1. Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, serta pulau kecil di sekitarnya
    2.  Waktu Indonesia Tengah (WITA) meliputi Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, serta pulau kecil di sekitarnya.
    3. Waktu Indonesia Timur (WIT) meliputi Kepuluan Maluku, Papua, serta pulau kecil di sekitarnya

Baca juga : Materi Geografi Sumber Daya Alam

Oke lanjut di Indonesia lihat dari….

….Letak geografis

Indonesia berada pada posisi silang ini berpengaruh terhadap faktor iklim dan perekonomian indonesia, bisa di lihat di gambar di bawah.

Indonesia terletak pada interval 6°LU-11°LS posisi tersebut mengakibatkan intensitas penyinaran matahari relatif tinggi sepanjang tahun.

tidak heran jika Indonesia memiliki udara yang lebih hangat dari pada wilayah di lintang tinggi. Menurut Iklim Matahari, Indonesia termasuk iklim tropis yang menyebabkan Indonesia mempunyai dua musim yaitu musim hujan dan kemarau.

Sementara… 

….letak geologis

Letak suatu wilayah di lihat dari posisi dan kejadian-kejadian geologis yang berkembang di daerah tersebut ( vulkanisme, tektonisme, dan lain sebagainya) 

Dari sudut pandang geologis, Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan muda dunia yaitu pegunungan sirkum mediterania di sebelah barat dan pegunungan sirkum pasifik yang berada di sebelah timur. 

Wilayah indonesia merupakan kelanjutan dari jalur pegunungan sirkum pasifik dan jalur sirkum mediteranian.

Konsekuensi nya dari adanya keberadaan dua jalur pegunungan tersebut berakibat kawasan indonesia banyak mempunyai gunung api yang aktif serta memiliki banyak daerah-daerah yang rawan terjadi gempa bumi serta bencana alam lainya.

kalian juga bisa membaca referensi tentang geomorfologi di indonesia supaya tau kondisi fisiografis Indonesia.

Di indonesia sendiri terdapat banyak gunung api aktif ( sekitar 200 gunung aktif) dan dampak manfaat dari aktivitas gunung api antara lain.

Menyebabkan lahan subur di sekitar lereng gunung karena semburan abu vulkanik yang menyebabkan tanah subur sebagai pertanian, perkebunan dan perhutanan. 

Di samping itu juga muntahan erupsi gunung juga menghasilkan material galian golongan C ( pasir, krikil, kerakal) 

Potensi geologis indonesia saat bisa di kembangkan dengan baik sebagai komoditas pariwisata alam untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ataupun pusat riset kebumian.

oke lanjut…

 …Luas dan batas Wilayah Indonesia

apabila kalian lihat peta dunia, wilayah kepulauan Indonesia tampak tidak luas, kenyataannya Panjang wilayah Indonesia sangatlah luas secara horizontal lebih dari 5.000 Km atau seperdelapan keliling dunia.

  • Luas wilayah Indonesia

    Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Jumlah pulau di Indonesia yang telah di verifikasi PBB mencapai 16.056 Pulau.

    Sementara berdasarkan data Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia pada desember 2019, jumlah pulau yang terverivikasi di Indonesia yakni 17.491 Pulau. Akan tetapi data tersebut masih berada di tingkat nasional dan belum di laporkan resmi ke PBB.

    Luas daratan indonesia secara menyeluruh kurang lebih mencapai 2.800.000 Km2 sementara wilayah perairan Indonesia seluruhnya sekitar 6.400.000 Km2, secara keseluruhan luas indonesia mencapai 8.300.000 Km2
  • Batas-Batas Wilayah Indonesia

    Wilayah laut indonesia berbatasan dengan 10 negara dan Wilayah daratan indonesia berbatasan dengan tiga negara yaitu Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Oke sekian ringkasan tentang Kondisi Wilayah Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia kalian bisa membaca tentang karasteristik wilayah daratan dan perairan indonesia sebagai tambahan refrensi lagi.

Referensi:
Nurul huda, Lili Somantri.2016.Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Geografi untuk SMA/MA Kelas XI.Bandung:Grafindo Media Pratama
Danang Endarto, Sugiyanto.2018.Mengkaji Ilmu Geografi 1 untuk Kelas XI SMA dan MA.Solo: Tiga Serangkai