Geovolcan.com – Hai sahabat geovolcan kita akan membahas tentang materi geografi sumber daya alam. Definisi Sumber Daya Alam Adalah semua kekayaan bumi, baik biotik (makhluk hidup) maupun abiotic (benda mati) yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia.

Ringkasan materi geografi sumber daya alam silahkan di pelajari

Macam-Macam Sumber Daya Alam

SDA dapat digolongkan ke dalam beberapa macam diantaranya:

Berdasarkan Sifatnya

  • Sumber daya alam yang terbarukan (renewable), misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut ter barukan karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali).
  • Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable), misalnya: minyak tanah, gas bumf, batu tiara, dan bahan tambang lainnya.
  • Sumber daya alam yang tidak habis (inhousetable), misalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.

Berdasarkan Jenisnya

  • Sumber daya alam nonhayati (abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.
  • Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.

Berdasarkan Potensi

  • Sumber daya alam materi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya.
  • Sumber daya alam energi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut laut, kincir angin, dan lain-lain.
  • Sumber daya alam ruang; merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.

Berdasarkan Lokasi

  • Sumber daya alam daratan: missal barang tambang, lahan pertanian, perkebunan, dan lain-lain
  • Sumber daya perairan : migas, perikanan, pasir, dll

Sebaran Sumber Daya Alam di Indonesia

Sumber Daya Alam Hayati

Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Dianugerahi tanah yang subur sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan sempurna di wilayah Indonesia. Potensi SDA nabati di Indonesia biasanya terkait dengan ketersediaan pangan. Berikut jenis dan persebarannya:

  • Hasil sawah
    • Padi (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Bali, Sulawesi Selatan)
    • Jagung (Madura)
  • Hasil kebun
    • Karet, teh, kopi, jeruk, durian
  • Hasil Hutan
    • Rotan (Sumatra, Kalimantan)
    • Mauni (Sumatra, Jawa)
    • Jati (Kalimantanj, Jawa)
    • Sengon (Jawa, Sumatra, Kalimantan)

Sumber Daya Alam Hewani

Pada umumnya wilayah persebaran fauna di Indonesia dibagi 3 wilayah yaitu, wilayah Indonesia Bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah, dan Indonesia Bagian Timur. Ketiganya dibatasi oleh garis Wallace dan garis Weber. Pembagiannya

a. Sumber pangan, antara lain sapi, kerbau, ayam, itik, lele, dan mujaer.
b. Sumber sandang, antara lain bulu domba dan ulat sutera.
c. Sumber obat-obatan, antara lain ular kobra dan lebah madu.
d. Piaraan, antara lain kucing, burung, dan ikan hias.

Sumber Daya Perairan

Sumber daya perairan Indonesia memiliki potensi yang melimpah karena beberapa faktor yaitu:

  • Luasnya wilayah laut Indonesia : luas laut Indonesia 5.500.000 km2 atau 2/3 luas Negara Indonesia. Hal ini dapat diasumsikan kekayaan laut yang terkandung di dalam jug jauh lebih besar daripada daratan
  • Garis pantai Indonesia terpanjang kedua di dunia : Garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Ini membuat potensi pantai Indonesia sangat melimpah baik untuk pariwisata, perikanan, dan untuk kegiatan lain seperti konservasi mangrove.
  • Indonesia berada di wilayah tropis : Hal ini berimplikasi kepada wilayah laut Indonesia selalu dapat dilayari sepanjang tahun.
  • Wilayah Indonesia yang strategis : Hal ini berpotensi pada lewatnya rute perdagangan internasional ke Indonesia
  • Laut trangresi : Karena laut Indonesia banyak yang terbentuk setelah pencairan es di kutub setelah zaman es, membuat laut di Indonesia memiliki kedalaman yang rendah.
  • Upwelling : Karena wilayah lautnya yang tidak dalam terlebih berada di wilayah tropis membuat arus hangat permukaan dapat bekerja sehingga membuat wilayah laut Indonesia sebagai pusat berkumpulnya ikan

Baca Juga : Latihan Soal Potensi dan persebaran barang tambang

Sumber Daya Tambang

Menurut UU No.11 Tahun 1967, bahan tambang tergolong menjadi 3 jenis, yakni Golongan A (yang disebut sebagai bahan strategis), Golongan B (bahan vital), dan Golongan C (bahan tidak strategis dan tidak vital).

a. Minyak bumi

Minyak bumi berasal dari mikroplankton yang terdapat di danau-danau, teluk-teluk, rawa-rawa dan laut-laut dangkal. Sesudah mati mikroplankton berjatuhan dan mengendap di dasar laut kemudian bercampur dengan sedimen. Akibat tekanan lapisan-lapisan atas dan pengaruh panas magma, dan terjadilah proses destilasi hingga terjadi minyak bumi kasar. Daerah-daerah penghasil minyak bumi di Indonesia adalah sebagai berikut :

• Pulau Jawa : Cepu, Cirebon dan Wonokromo.
• Pulau Sumatera : Palembang dan Jambi.
• Pulau Kalimantan : Pulau Tarakan, Pulau Bunyu dan Kutai.
• Pulau Irian : Sorong.

b. Gas alam

Gas alam merupakan campuran beberapa hidrokarbon dengan kadar karbon kecil yang digunakan sebagai bahan baker. Ada dua macam gas alam cair yang diperdagangkan, yaitu LNG (liquefied natural gas) dan LPG (liquefied petroleum gas).

c. Batu bara

Batu bara terbentuk dari tumbuhan yang tertimbun hingga berada dalam lapisan batu-batuan sediment yang lain. Proses pembentukan batu bara disebut juga inkolent yang terbagi menjadi dua, yaitu prose biokimia dan proses metamorfosis. Daerah tambang batu bara di Indonesia adalah sebgai berikut :

• Ombilin dekat Sawahlunto (Sumatera Barat)
• Bukit Asam dekat Tanjung Enin (Palembang)
• Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan (Pulau Laut / Sebuku)
• Jambi, Riau, Aceh dan Papua.

d. Gamping

Batu kapur terbentuk dari pelapukan sarang binatang karang. Banyak terdapat di Pegunungan Seribu dan Pegunungan Kendeng.

e. Timah Daerah penghasil timah di Indonesia adalah Pulau Bangka, Belitung dan Singkep.
f. Nikel Terdapat di sekitar Danau Matana, Danau Towuti dan di Kolaka.
g.Tembaga terdapat di Tirtomoyo, Wonogiri (Jawa Tengah), Muara Simpeng (Sulawesi) dan Tembagapura (Papua).
h. Intan Terdapat di Martapura (Kalimantan Selatan).

Baca Juga : Materi Geografi Bencana Alam

Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diusahakan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam:

Berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkesinambungan

a. penghijauan dan reboisasi
b. sengkedan
c. pengembangan daerah aliran sungai
d. pengelolaan air limbah
e. penertiban pembuangan sampah

Berdasarkan prinsip mengurangi (Reduce)

Dalam mengambil sumber daya alam sebaiknya jangan diambil semuanya, tetapi berprinsip mengurangi saja. Pengambilan yang dihabiskan akan merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem lingkungan.

Berdasarkan prinsip memakai kembali (Reuse)

Berdasarkan prinsip daur ulang (Recycle)
proses daur ulang adalah pengolahan kembali suatu massa atau bahan-bahan bekas dalam bentuk sampah kering yang tidak mempunyai nilai ekonomi menjadi barang yang berguna bagi kehidupan manusia.

Pemakaian energy terbarukan

a. Tenaga Matahari

Indonesia adalah negara tropis, dimana matahari selalu bersinar secara terus menerus sepanjang tahun tanpa terganggu musim, hal ini menjadikan Indonesia memiliki potensi tenaga matahari yang besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber tenaga utama.

b. Tenaga Panas Bumi

Definisi panas bumi dalam UU No.27 Tahun 2003 adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan.

c. Tenaga Air

Sebenarnya Indonesia sudah memiliki beberapa PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), beberapa bahkan sudah ada sejak zaman kolonial, tetapi memang, pemanfaatannya belum maksimal. PLTA memanfaatkan tenaga aliran air untuk memutar turbin, turbin yang berputar akan menghasilkan listrik.

d. Tenaga Angin

Angin merupakan salah satu bentuk energi yang terdapat di alam dan dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan energi alternatif. Beberapa wilayah di Indonesia memiliki potensi sebagai ladang angin, diantaranya Jawa bagian selatan, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur.

e. Tenaga Gelombang Laut

Energi gelombang laut atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang air laut. Indonesia sebagai negara maritim yang terletak diantara dua samudera berpotensi tinggi memanfaatkan sumber energi dari gelombang laut.

f. Energi Biomasa

Biomassa adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum lama mati. Sumber biomassa antara lain bahan bakar kayu, limbah dan alkohol. Pembangkit listrik biomassa di Indonesia seperti PLTBM Pulubala di Gorontalo yang memanfaatkan tongkol jagung.

sekian ringkasan materi geografi sumber daya alam semoga bermanfaat dan kunjungi dan subscribe channel kami di youtube geo volcan