Hai sahabat geovolcan kali ini kita akan membahas tentang manfaat atmosfer bagi kelangsungan kehidupan umat manusia di bumi ini. Atmosfer sendiri merupakan selimut gas yang menyelimuti planet bumi yang kita tinggali. Lapisan atmosfer terdiri dari berbagai lapisan  Kalian bisa lihat penjelasanya di Lapisan Atmosfer Bumi |Dinamika Atmosfer Bumi

Manfaat lapisan atmosfer penting bagi bumi dan makhluk hidup yang menempati bumi. Karena terdapat lapisan-lapisan dalamnya yang memiliki dan fungsi masing-masing. Lapisan atmosfer disebut juga selimut gas yang menyelubungi planet bumi, dengan kandungan berupa gas nitrogen (78%), oksigen (21%), karbondioksida(0,03), argon(0,9) dan kandungan lainya.

7 manfaat lapisan atmosfer bagi umat manusia

1.Melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet langsung

purple and brown colored planet
Photo by Pixabay on Pexels.com

Lapisan Ozon yang berapa pada lapisan stratosfer memiliki fungsi sebagai pelindung atau berfungsi menyerap sinar ultraviolet dari matahari sehingga makhluk hidup dibumi dapat terlindung dari paparan sinar ultraviolet.

Radiasi utraviolet merupakan salah satu bentuk radiasi elektromaknetik yang berasal dari matahari. Radiasi ini juga bisa berdampak buruk terhadap gangguan pada kulit dan mata manusia, disini peran pentingnya lapisan atmosfer pada bumi.

2. Melindungi bumi dari berbagai benda luar angkasa

Benda-benda angkasa yang jatuh kebumi akibat garvitasi bumi, seperti meteor atapun benda asing yang masuk ke bumi terbakar dan terurai pada lapisan mesosfer sehingga mahluk hidup yang ada dibumi terlindung dari bahaya tersebut

3. Atmosfer menjadi sarana cuaca dan iklim

Atmosfer juga menjadi sarana perubahan iklim dan cuaca yang dapat memengaruhi hujan, topan, angin, badai, salju. Barang tentu hal ini bermanfaat untuk manusia terciptanya siklum alam yang harmonis. Pada proses terbentuknya cuaca dan iklim terjadi pada lapisan Troposfer atau lapisan yang terendah dari susunan lapisan atmosfer.

4. Atmosfer mempunyai kandungan berbagai macam gas yang dibutuhkan oleh manusia.

Manfaat lain dari atmosfer adalah mempunyai kandungan gas yang berguna dan di butuhkan oleh makhluk hidup antara lain.

  • Nitogen, gas ini merupakan unsur terbanyak yang berada didalam atmosfer. Gas ini bermanfaat sebagai bahan makanan bagi tumbuhan.
  • Oksigen, gas ini yang sangat dibutuhkan manusia dan makhluk hidup lainnya yaitu untuk pernafasan.
  • Karbondioksida, gas yang tidak berbau dan tidak berwana ini sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam proses fotosintesis mereka. Walapun gas ini menggangu pernafasan manusia, tapi gas ini bisa di mnafaatkan sebagai pemadam api, juga untuk pembuatan sodium karbonat, sodium bikarbonat, dan bahan kimia lainya.

5. Mempertahankan keseimbangan energi dalam bumi.

Keseimbangan energi di bumi secara vertical maupun horizontal yang dihasilkan dari ketidaksamaan panas di permukaan bumi sehingga terciptanya pergerakan udara di dalam atmosfer dan air di lautan. Contohnya siklus perpindahan air yang menyebabkan hujan terjadi di dalam lapisan atmosfer.

6. Sebagai pengendali cahaya yang masuk kebumi

Sinar yang dipancarkan oleh matahari ke bumi akan dipantulkan kembali ke atmosfer sehingga atmosfer bagian bawah yang berhubungan langsung dengan bumi akan lebih panas atau hangat jadu suhu udara di bumi lebih stabil. Jadi, ketika siang tidak terlalu panas, dan ketika malam tidak terlalu dingin. Tanpa adanya atmosfer, maka suhu di bumi pada siang hari diprediksikan sekiar 93⁰ C dan menurun drastis ketika malam menjadi -184⁰C dengan suhu seperti itu mustahil manusi bisa hidup.

7. Berpengaruh terhadap rambatan sinyal radio di seluruh penjuru muka bumi

Pada lapisan ionosfer kita dapat memanfaatkan muatan listrik di lapisan ini untuk memantulkan gelombang radio, sehingga lapisan ini sangat berguna untuk kegiatan telekomunikasi.

Sekian manfaat materi Manfaat Atmosfer Bagi Umat Manusia semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian !