Pantai Cacalan di Banyuwangi, satu dari pantai indah yang wajib Kamu datangi saat liburan. Pantai yang dulunya dipandang sebelah mata karena minimnya fasilitas yang ada, kini sudah disulap jadi pantai apik yang Instagramable. Cocok bagi Kamu yang memiliki hobi berfoto. Jadi, memang tidak lengkap rasanya, jika Kamu tidak berfoto di pantai seindah Pantai Cacalan. Pantai yang memiliki spot untukmenikmati sunrise ini, sangat kekinian dan populer. Penasaran bagaimana lengkapnya? Berikut informasi tentang Pantai Cacalan, pantai indah di ujung selatan Banyuwangi.

Sejarah Pantai Cacalan yang Melegenda

Dulunya, Pantai Cacalan tidak pernah dilirik oleh para wisatawan. Alasannya, karena sama sekali tidak ada hal yang menarik dari pantai ini. Bahkan fasilitas yang memadai pun belum ada. Apalagi ada Pantai Boom, pantai yang sangat populer di Banyuwangi, yang menjadi tujuan wisata utama bagi warga. Tapi, sejak Pantai Boom tutup di tahun 2016, karena dialihfungsikan menjadi pelabuhan kapal pesiar, Pantai Cacalan pun mulai diperhatikan. Tahun 2017 jadi tahun di mana Pantai Cacalan mulai bangkit. Dengan swadaya masyarakat setempat dan CSR dari perusahaan yang ada, Pantai Cacalan pun berubah jadi pantai cantik yang mulai diminati oleh pengunjung.

Harga tiket dan lokasi pantai cacalan Banyuwangi

Dari sejarahnya yang melegenda, ada beberapa versi asal mula nama Pantai Cacalan. Berikut beberapa versinya:

  • Versi pertama; Nama Pantai Cacalan berasal dari adanya kegiatan pembersihan area pantai, yang dipenuhi pohon bambu dengan cangkul. Kegiatan ini disebut sebagai “dicacal” oleh masyarakat sekitar
  • Versi kedua; Ini versi yang sedikit menyeramkan, karena menurut legendanya nama Pantai Cacalan berasal dari perjuangan pahlawan yanh dibunuh oleh penjajah Belanda. Di mana tubuh para pahlawa dari Kerajaan Blambangan tersebut, dicacah-cacah dan dibuang ke Selat Bali. Kegiatan mencacah inilah yang menjadi asal muasal nama Cacalan

Apapun versi cerita yang diyakini, tak menyurutkan kepopuleran Pantai Cacalan jadi pantai yang dicari oleh para wisatawan. Terutama untuk berfoto bersama matahari terbit yang indah.

Baca juga rekomendasi wisata di banyuwangi : BANGSRING UNDERWATER BANYUWANGI: LOKASI SNORKELING ASYIK DI KONSERVASI TERUMBU KARANG

Pantai Cacalan Kini

Adanya keseriusan dari masyarakat sekitar untuk mengembangkan lokasi Pantai Cacalan, jadi faktor utama kebangkitan pantai ini. Wisata Pantai Cacalan dibagi jadi dua area. Satu area memiliki luas 1,2 hektare, ada di sepanjang garis pantai. Sedangkan area seluas 2,2 hektare lainnya, digunakan untuk wisata kuliner dan arena bermain. Berkat adanya pengurukan tanah rawa-rawa di sekitar pantai, kini Pantai Cacalan jadi destinasi wisata yang sangat menyenangkan. Hamparan pasir hitam dan ombak yang kecil pun, menjadikan Pantai Cacalan aman untuk berenang anak-anak. Fasilitas yang tersedia di Pantai Cacalan pun kini sudah lengkap dan memadai. Mulai dari tempat parkir yang luas, toilet yang bersih, musholla, ayunan-ayunan kayu di pinggir pantai, payung-payung untuk berteduh, bangku-bangku, sampai arena bermain anak.

Spot-Spot Terbaik di Pantai Cacalan

  • Kamu bisa menyewa perahu, untuk berwisata menyusuri laut menuju ke Pulau Santen
  • Berenang di air Pantai Cacalan yang hangat juga bisa Kamu lakukan, sambil menikmati keindahan matahari terbenam
  • Bersantai di bibir pantai, sambil menikmati lezatnya kuliner seafood dari warung setempat
  • Menyewa kuda untuk menyusuri pesisir Pantai Cacalan
  • Duduk-duduk di ayunan kayu, sambil menikmati sunrise yang indah

Itu tadi informasi tentang Pantai Cacalan di Banyuwangi yang cocok didatangi untuk berfoto bersama keindahan sunrise. Selamat liburan!