Halo sahabat geovolcan kali ini kita akan membahas pengertian geografi dari segi Bahasa dulu. Geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu geo yang berarti bumi dan grafi (graphien) yang berarti pencitraan atau pelukisan. Jadi secara Bahasa Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengambarkan keadaan bumi.

Tau kah kalian bahwa perumusan definisi mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan kemajuan peradaban manusia dalam memandang kenampakan bumi. Geografi di definisikan berbeda-beda baik secara isi maupun makna nya. Perbedaan tersebut sesuai dengan pandangan perumusan masing-masing.

Pengertian Geografi Menurut Ahli

  • Alexander (1958) mengemukakan bahwa geografi merupakan studi tentang pengaruh lingkungan alam dan aktivitas manusia.
  • Hartshorne (1960) merumuskan bahwa geografi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variable dari permukaan bumi.
  • Yeates (1963) mengartikan geografi sebagai suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.
  • Bintarto (1977) sebagai tokoh geografi Indonesia mendefinisikan bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mencitrakan, ,menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
  • Pengertian geografi hasil seminar dan lokakarya IGI di IKIP Semarang tahun 1988, geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Dari beberapa definisi geografi di atas, dapat disimpulkan bahwa

kajian geografi memusatkan perhatian pada fenomena geosfer dalam kaitan hubungan, persebaran, interaksi kerungan, atau kewilayahan.

Dengan demikian, fakta geografi merupakan fakta yang merujuk pada karakter tempat, kualitas atau kualitas fenomena, serta gejala disuatu tempat pada waktu tertentu. Tiga hal yang mensyaratkan karasteristik pengertian fakta geografis, antara sebagai berikut.

  1. Keadaan, sifat, atau peristiwa itu bener-bener berlangsung.
  2. Kita mengetahui lokasinya atau spesifikasi tempatnya (tempat berlangsungnya)
  3. Kita mengetahui waktu atau saat hal tersebut diamati.

Daftar Pustaka : Danang Endarto, Sugiyanto.2018.Mengkaji Ilmu Geografi 1 untuk Kelas X SMA dan MA.Solo: Tiga Serangkai

Baca Juga : Materi Ruang Lingkup Geografi dan kunjungi channel youtube kami

Sudah di baca semua ? Kalau sudah di baca semua silahkan KLIK absensi di bawah ini dan isi formulirnya

Absensi Geografi Kelas X