Hai sahabat goevolcan kali ini kita akan membahas tentang analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan, materi ini masih selaras dengan pengelolaan sumber daya alam pada materi geografi kelas 11.

Sebelum masuk ke rangkuman materi kalian bisa membaca materi tentang sumber daya alam untuk menambah wawasan kalian.

Sumber daya alam sendiri telah memberikan manfaatnya untuk berbagai kegiatan pembangunan. Saat ini pembangunan makin pesat terjadi seiring bertambahnya populasi manusia dan kebutuhan manusia akan pembangunan dan kemajuan. Dampaknya,  pemanfaatan sumber daya alam makin meningkat dan pemanfaatan sumber daya alam dalam skala besar dapat menimbulkan kerusakan lingkungan.

Kerusakan akibat pembangunan dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.  atas dasar tersebut, perencanaan pembangunan harus menggunakan analisis mengenai dampak lingkungan( AMDAL). 

 AMDAL diperlukan agar kegiatan pembangunan tidak berdampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Dikarenakan setiap pengelolaan sumber daya alam akan menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan.  Agar sumber daya alam dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya tanpa harus menimbulkan dampak negatif maka pengolahan sumber daya alam harus dilengkapi dengan Amdal.

Menurut UU uu nomor 4 tahun 1982 tentang pengelolaan lingkungan hidup, menyebutkan bahwa setiap rencana yang diperkirakan mempunyai dampak penting terhadap lingkungan wajib dilengkapi dengan Amdal yang diatur oleh peraturan pemerintah.

Tujuan Amdal adalah menjamin tetap terpeliharanya kemampuan lingkungan hidup untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan 

Amdal
Photo by Nicolas Becker on Pexels.com

Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam Terhadap Lingkungan

Sumber daya alam seperti hutan dan air merupakan suatu kesatuan ekosistem yang harus dimanfaatkan dan  dilestarikan dengan sebaik-baiknya. jika sumber  daya alam tersebut dimanfaatkan melebihi daya dukungnya akan menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan.

Kerusakan lingkungan disebabkan adanya pemanfaatan sumber daya yang tidak sesuai,  misalnya perubahan fungsi lahan dari lahan konservasi menjadi lahan produksi. oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam perlu dilakukan dengan bijak bagi  kemakmuran  manusia dengan memperhatikan kelestarian lingkungan 

Kegiatan yang harus mempunyai AMDAL yaitu sebagai berikut

  1.  perubahan bentuk lahan dan bentuk alam, seperti pembuatan Jalan, Bendungan dan  pembukaan hutan.
  2. Eksploitasi sumber daya alam baik sumber daya alam yang tidak terbarui maupun terbarui seperti pertambangan dan eksploitasi hutan.
  3.  proses dan kegiatan yang menimbulkan pemborosan, perusakan, dan kemerosotan pemanfaatan sumber daya alam dan energi seperti pemanfaatan lahan yang tidak diikuti dengan konservasi lahan.
  4.  proses dan hasil yang mengancam kesejahteraan penduduk, pelestarian kawasan konservasi alam dan cagar budaya seperti kegiatan yang menimbulkan pencemaran.
  5.  penerapan teknologi yang diperkirakan memiliki potensi besar berdampak pada lingkungan.

 Manfaat AMDAL dalam menjaga perubahan bentuk lahan yaitu sebagai berikut.

  1. mencegah agar potensi sumber daya alam yang dikelola tidak rusak
  2.  menghindari efek samping dari pengelolaan sumber daya terhadap sumber daya alam lainnya.
  3.  mencegah terjadinya perusakan lingkungan akibat pencemaran.
  4.  dapat diketahui manfaat yang berdaya guna bagi bangsa negara atau masyarakat.

Dasar Analisis Mengenai Dampak Lingkungan AMDAL

Pernahkah kalian mengunjungi kawasan wisata?  ada banyak pengunjungnya, bukan? bagaimana dampak peningkatan pengunjung terhadap kondisi lingkungan di sekitar lokasi wisata? Apakah menimbulkan dampak bagi lingkungan?

Permasalahan mengenai kerusakan lingkungan akibat kegiatan tersebut dapat dihindari jika menerapkan analisis mengenai dampak lingkungan AMDAL dalam proses pembangunannya.

Menurut peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2018 AMDAL merupakan kajian mengenai dampak penting suatu usaha  dan/atau  kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan.

aspek yang dikaji dalam proses AMDAL meliputi aspek fisik kimia ekologi sosial ekonomi sosial budaya dan kesehatan masyarakat. kajian tersebut sebagai pelengkap studi kelayakan suatu rencana usaha atau kegiatan.

AMDAL disusun dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Penyajian Informasi Lingkungan (PIL)

Dokumen ini berisi secara garis besar mengenai rencana proyek yang akan dilakukan atau diusulkan yang kemungkinan menimbulkan dampak lingkungan jika proyek tersebut berjalan intinya berisi informasi tentang kondisi lingkungan sebelum  suatu kegiatan dilaksanakan.

Kerangka Acuan AMDAL (KA)

kerangka acuan merupakan ruang lingkup studi analisis dampak lingkungan (andal)  yang merupakan hasil pelingkupan.  Hasil tersebut telah disepakati oleh penyusun AMDAL dan Komisi AMDAL 

tujuan penyusunan kerangka acuan sebagai berikut

 merumuskan ruang lingkup dan kedalaman studi  andal

 mengarahkan studi andal agar berjalan efektif dan efisien sesuai dengan biaya tenaga dan waktu yang tersedia.

 intinya kerangka acuan harus disusun dan disepakati bersama oleh pihak-pihak terkait.

 analisis dampak lingkungan Andal

Andal merupakan telaah secara cermat dan mendalam tentang dampak penting suatu rencana proyek atau kegiatan.  dokumen ini berfungsi sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan kelayakan atau ketidaklayakan dari rencana proyek atau kegiatan yang diusulkan.

Rencana Pemantauan Lingkungan( RPL)

 setelah proyek dinilai layak dan mulai berjalan proses pembangunannya, perlu pemantauan mengenai dampaknya. perlu adanya komponen rencana pemantauan lingkungan (RPL).

RPL merupakan upaya pemantauan komponen lingkungan hidup yang terkena dampak akibat dari rencana proyek atau kegiatan.

Rencana Pengelolaan Lingkungan(RKL)

 untuk mengantisipasi permasalahan lingkungan akibat pembangunan proyek perlu adanya rencana pengelolaan lingkungan. komponen RKL merupakan upaya penanganan dampak terhadap lingkungan hidup yang ditimbulkan akibat dari rencana proyek atau kegiatan.

Penyajian Evaluasi Lingkungan (PEL)

 berisi hasil evaluasi kondisi lingkungan pada saat kegiatan berlangsung.

Studi Evaluasi Lingkungan( SEL)

Digunakan untuk mengevaluasi kegiatan yang sedang berlangsung.

Tata laksana AMDAL 

Pelaksanaan AMDAL sampai operasi kegiatan


AMDAL disusun pada tahap perencanaan suatu pembangunan sehingga dapat digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan. melalui hasil AMDAL dampak suatu proyek pembangunan dapat diketahui lebih awal. Jika berdampak negatif proyek pembangunan tidak diizinkan kan atau diizinkan Bersyarat.

 persetujuan izin bersyarat ini ini bertujuan agar dampak negatif tersebut dapat dikurangi sehingga tidak merusak lingkungan. kondisi tersebut sesuai tujuan penyusunan Dokumen Amdal yang diatur dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 16 tahun 2012 sebagai berikut.

  • Menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup serta pencemaran sehingga dampak negatifnya menjadi¬† seminimal mungkin
  • mengidentifikasi mempraktekkan, dan mengevakuasi dampak yang mungkin terjadi terhadap lingkungan hidup disebabkan oleh kegiatan yang direncanakan.
  • meningkatkan dampak positif dan mengurangi dampak negatif.

Manfaat AMDAL

Berdasarkan fungsinya, AMDAL berusaha menjaga rencana usaha atau kegiatan usaha agar tidak berdampak  negatif terhadap lingkungan titik fungsi AMDAL Memberikan manfaat bagi beberapa pihak.

Pihak-pihak ini terdiri atas pemerintah pemrakarsa dan masyarakat.

Manfaat Amdal bagi pemerintah sebagai berikut.

  •  mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan
  • menghindarkan konflik dengan masyarakat
  • menjaga pembangunan sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan
  • perwujudan tanggung jawab pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup

Manfaat Amdal bagi pemeran Karsa sebagai berikut

  •  menjamin adanya keberlangsungan usaha
  • menjadi referensi untuk peminjaman kredit
  • interaksi saling menguntungkan dengan masyarakat sekitar sebagai bukti ketaatan hukum

Manfaat Amdal bagi masyarakat sebagai berikut

  •  mengetahui lebih awal dampak dari suatu kegiatan
  • melaksanakan dan menjalankan control
  • terlibat dalam proses pengambilan keputusan 

Manusia membutuhkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia makin pandai sehingga pola pemikirannya mengenai pemanfaatan sumber daya alam makin berkembang. perkembangan pola pikir tersebut memicu pesatnya perkembangan teknologi khususnya teknologi dalam rangka pembangunan.

 AMDAL dapat menyukseskan pembangunan nasional karena pembangunan tidak hanya meningkatkan ekonomi tetapi juga meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sumber daya manusia memegang peran utama untuk menerapkan AMDAL dalam pembangunan. AMDAL memantau kegiatan pembangunan melalui pendekatan lingkungan. pemantauan tersebut dapat meminimalisasi kerusakan lingkungan serta pencegahan kerusakan lingkungan. minimalisasi kerusakan lingkungan merupakan salah satu tujuan AMDAL dalam pembangunan. 

Sekian materi tentang analisis mengennai dampak lingkungan, jangan lupa kunjungi channel kita di youtube geo volcan