Hai sahabat geovolcan selamat datang di kelas geografi kali ini kita akan membahas langkah-langkah penelitian geografi pada materi geografi bab 3 kelas 10 SMA/MA.

Sebelum membahas semua pada materi langkah-langkah geografi kita akan belajar tentang penelitian geografi terlebih dahulu.

Dalam Pelajaran Geografi mempelajari fenomena geosfer yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Penelitian memiliki sifat umum yang digunakan sebagai dasar pemecahan masalah, sifat umum tersebut adalah ilmiah, berbasis penemuan, menguji kebenaran dan memecahkan masalah.

Pengertian dan Fungsi Penelitian Geografi

Penelitian ilmiah dapat diartikan sebagai upaya menemukan dan memahami suatu objek penelitian melalui kerja yang sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sifat penelitian geografi  menggunakan ilmu pengetahuan sebagai landasan teori dan dilakukan secara sistematis, penelitian diawali dengan penemuan masalah geosfer,  menganalisis lebih mendalam terhadap suatu kajian geosfer, menguji hasil penelitian yang telah dilakukan agar hasilnya lebih akurat, tujuan penelitian geografi adalah memecahkan suatu permasalahan geosfer. 

Penelitian geografi terdiri atas beberapa jenis, seperti penelitian berdasarkan tujuan, berdasarkan bentuk dan metode pelaksanaannya, berdasarkan metode yang digunakan.

Berdasarkan tujuannya

Berdasarkan tujuannya penelitian dibedakan sebagai berikut

Penelitian Eksploratif

Penelitian ini untuk mengeksplorasi suatu yang baru dan tidak menggunakan konsep awal karena rumusan masalah ditemukan langsung di lapangan. Sifat penelitian ini terbuka dan semua sumber informasi mengenai objek penelitian dianggap penting penelitian eksplorasi bertujuan memperluas cakupan penelitian, menghasilkan gagasan baru tentang sebuah fenomena, dan menguji kelayakan melakukan studi lebih luas dari fenomena tersebut. penelitian eksploratif juga berusaha menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum diketahui.

kata kunci utama penelitian ini adalah” apa?” 

contoh penelitian eksploratif adalah membuat profil tanah, pembuatan profil tanah bertujuan untuk mengetahui jenis tanah di suatu wilayah.

Inti dari penelitian eksploratif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan gagasan dasar mengenai suatu topik permasalahan yang belum diketahui sebelumnya.

Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif berupa kegiatan pengamatan suatu fenomena. penelitian mengungkapkan kembali informasi dari pengamatan tersebut. penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan objek penelitian sesuai objek yang ditemukan di lapangan.

Dalam penelitian deskriptif peneliti sudah mengetahui rumusan masalah dan objek penelitian. selanjutnya, peneliti akan menggunakan pertanyaan “siapa?” dan “bagaimana?” untuk menggali informasi. tujuannya yaitu membuat deskripsi yang sistematis, faktual dan akurat tentang fakta serta sifat objek penelitian

Inti dari penelitian deskriptif menekankan pada penjelasan tentang penyebab masalah geosfer yang sesuai fakta

Penelitian Eksplanatif

Eksplanatif artinya penjelasan penelitian eksplanatif menghasilkan penjelasan mengenai hubungan sebab-akibat suatu masalah titik kata kunci utama penelitian ini adalah “mengapa?” penelitian ini mencari penjelasan tentang objek penelitian titik pada penelitian ini, peneliti  perlu melakukan hipotesis ( dugaan awal) dengan menghubungkan sebab akibat antara dua atau lebih konsep yang akan diteliti. 

Inti dari penelitian ekspansif menekankan pada pengujian hipotesis untuk menemukan penyebab permasalahan geosfer.

Berdasarkan bentuk dan metode pelaksanaan 

Jenis penelitian berdasarkan bentuk dan metode pelaksanaannya dibedakan sebagai berikut.

Studi Kasus

Penelitian dilakukan berdasarkan kasus yang terjadi. studi kasus merupakan penelitian yang mendalam tentang sebuah peristiwa, lingkungan sekitar, dan kondisi tertentu sehingga dapat mengungkapkan fakta. sebuah kasus dapat diangkat menjadi objek penelitian dengan syarat menarik untuk diteliti dan bertujuan memecahkan masalah. lingkungan penelitian ini lebih sempit karena terfokus pada kasus tersebut. Setiap kasus memiliki riwayat berbeda dan harus mempertimbangkan riwayat kasus meliputi terjadinya peristiwa, penyebab, perkembangan peristiwa, dan perubahannya.

teknik pengumpulan data dalam penelitian studi kasus adalah studi lapangan dan wawancara. 

penelitian geografi
hoto by Aleksey Kuprikov on Pexels.com

Contohnya meneliti tentang alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertambangan yang berpotensi mengancam kelangsungan ekosistem di wilayah tersebut 

Baca Juga : PERTAYAAN RUANG LINGKUP KAJIAN GEOGRAFI

Survei

Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data di lapangan secara langsung. survei digunakan untuk menguji hipotesis dan hubungan antar variabel data hasil survei sesuai untuk penelitian deskriptif survei umumnya menggunakan kuesioner dan wawancara.

Eksperimen

Eksperimen sering diartikan sebagai percobaan yaitu perlakuan khusus secara sengaja agar memperoleh suatu hasil. hasil percobaan menunjukkan respon aktual dan hubungan sebab akibat antara aspek 

Exsperimen dilakukan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel yang lain sebagai contoh, penelitian di laboratorium yang menguji sampel dengan membandingkan antara sampel asli dan sampel uji tugas peneliti yaitu menarik kesimpulan dari hasil percobaan tersebut.

Berdasarkan Metode Penelitian

Berdasarkan metode yang digunakan penelitian yang dibedakan sebagai berikut

Penelitian  Kualitatif

Mempertajam pemahaman, menangani kasus, mengembangkan teori dan konsep serta mengembangkan realitas penelitian kualitatif menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan partisipatoris.

Penelitian kualitatif disajikan dengan deskripsi lengkap serta penjelasannya.  penelitian ini tergantung pada beberapa kondisi tertentu antara lain:

  • mengembangkan teori
  • memahami interaksi sosial
  • meneliti sejarah perkembangan
  • menemukan makna di balik data
  • memastikan kebenaran data
  • masalah penelitian belum jelas

inti dari penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggambarkan secara mendalam mengenai hasil pengumpulan data di lapangan.

Penelitian Kuantitatif

Tujuan penelitian kuantitatif yaitu mencari hubungan antar variabel, menguji teori, dan mencari generalisasi. penyajian penelitian kuantitatif menggunakan angka-angka dari data yang diperoleh kemudian diolah titik penelitian kuantitatif dilakukan pada beberapa kondisi antara lain:

  • masalah penelitian sudah jelas
  • menguji hipotesis penelitian
  • mendapatkan data yang akurat
  • mengetahui pengaruh perlakuan terhadap suatu objek
  • mengetahui informasi yang lebih banyak
  • menguji keraguan validitas pengetahuan

inti dari penelitian kuantitatif adalah Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur dalam menganalisis nya

berikut perbedaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif 

Penelitian Kuantitatif Penelitian Kualitatif
Sudut pandang teori Mencari penyebab suatu fenomena dan hubungannya dengan fenomena lain. Memahami perilaku manusia dari kerangka berpikir dan tindakan orang-orang itu sendiri.
Pendekatan Mengidentifikasi variabel, memilih sampel, memberikan perlakuan, dan menganalisis hasil perlakuan Observasi partisipan sehingga dapat memahami fenomena tertentu.
Tujuan Menguji atau membuktikan suatu teori dengan perantara hipotesis dan menggunakan teknik statistik. Menemukan ciri-ciri fenomena dan mengelompokkannya atau menemukan sebuah teori baru.
Pengumpulan data variabel, sampel, hipotesis, dan data yang dikumpulkan benar-benar relevan dengan rancangan penelitian. Mengumpulkan data secara keseluruhan agar lebih memudahkan memahami fenomena yang kompleks secara utuh.
Instrumen Penelitian Angket, pedoman wawancara, tes, skala. Manusia, buku catatan, dokumentasi.
Data Satuan angka. Primer, informasi, dokumen pribadi.
Sumber data Populasi dan sampel. Subjek penelitian.
Rancangan Dirancang secara pasti dan tidak dapat diubah pada saat penelitian berlangsung. Rancangan dapat berubah sesuai realitas di lapangan.

Sekian materi tentang penelitian geografi dalam bab langkah-langkah penelitian geografi, ikuti kami di channel youtube geo volcan

langkah-langkah penelitian geografi

Refrensi :
LKS Geografi untuk SMA/MA Peminatan Ilmu-ilmu Sosial Penerbit : Intan Perwira
Buku Paket Mengkaji Ilmu Goegrafi untuk kelas X SMA dan MA Kelompok ilmu-ilmu sosial Penerbit : Tiga serangkai Pustaka Mandiri
Buku Paket Geografi untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial Penerbit : Erlangga