Hai sahabat geovolcan kali ini kita akan menrangkum prinsip 3R ( Reduce, Reuse, Recycle ) mengurangi, mengunakan kembali, dan mendaur ulang. Hal ini sangat penting bagi kita untuk dipahami dan diterapkan sehari-hari.

Tahu kah kalian ? ketersediaan sumber daya alam sangat bergantung pada kondisi lingkungan, jika terjadi kerusakan lingkungan ketersediaan sumber daya alam dapat berkurang atau  terjadi kelangkaan. Kerusakan lingkungan terjadi karena  eksploitasi sumber daya alam yang tak terkontrol dan berlebihan. Dengan demikian, sumber daya alam diharuskan saling berkaitan dengan lingkungan sekitar untuk menciptakan keseimbangan antar keduanya.

Pengelolaan sumber daya alam menghasilkan produk dan limbah. Produk berupa barang untuk memenuhi kebutuhan manusia dan menghasilkan nilai tambah atau nilai jual untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

Sedangkan  limbah merupakan sisa energi dan bahan baku yang tidak termanfaatkan dalam proses produksi oleh karena itu, pengelolaan sumber daya alam memerlukan tindakan khusus terkait pengelolaan limbah titik tindakan tersebut dapat diwujudkan dengan prinsip  3R  yang terdiri dari reduce reuse dan recycle.

 reduce berarti mengurangi, reuse berarti menggunakan kembali dan recycle berarti mendaur ulang. 

Reduce (mengurangi)

Coba amati lingkungan sekitar tempat tinggal kalian! bagaimana penggunaan plastik di lingkungan sekitar tempat kalian tinggal? berapa kira-kira jumlah plastik yang digunakan dalam sehari? pasti jumlah lah plastik tersebut sangat banyak bukan? 

photo of plastic bottles
Photo by Magda Ehlers on Pexels.com

Plastik merupakan salah satu limbah yang sangat sulit terurai jika dibuang sembarangan, plastik akan mengganggu lingkungan. oleh karena itu diperlukan tindakan mengurangi penggunaan plastik sehingga kerusakan lingkungan dapat dihindari titik dalam prinsip 3R, tindakan pengurangan ini disebut reduce ( mengurangi)  tindakan tersebut menekankan masyarakat untuk mengurangi pembelian dan pemakaian barang konsumsi. 

Adapun beberapa tindakan reduce dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut

  • memilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang
  • menghindari penggunaan produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar 
  • Menggunakan produk yang dapat diisi ulang, misalnya alat tulis yang dapat diisi ulang
  • mengoptimalkan penggunaan alat penyimpanan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali
  • mengurangi penggunaan bahan sekali pakai.
  • menggunakan kedua Sisi kertas untuk menulis dan fotocopy.
  • menggunakan surat elektronik email untuk berkirim surat.

Reuse (mengunakan kembali)

Amati gambar dibawah ini!

bamboo toothbrushes in green holder on marble table
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Gambar tersebut menunjukkan barang yang dianggap sampah dapat digunakan kembali dan memiliki fungsi yang menarik. botol bekas dapat menjadi tempat penyimpanan yang unik dan Elok. Pengelolaan ini sesuai dengan prinsip Reuse  menggunakan barang yang masih layak pakai.

Penerapan reuse  dapat mengurangi produksi limbah hal ini merupakan salah satu solusi permasalahan jumlah barang bekas yang tidak terpakai dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, barang bekas tidak perlu dibuang sehingga dapat mengurangi jumlah limbah.

Berikut beberapa contoh tindakan kan reuse  dalam kehidupan sehari-hari.

  • memilih wadah, kantong, dan benda yang dapat digunakan beberapa kali titik sebagai contoh, menggunakan serbet sebagai kain baterai isi ulang, dan botol Tumbler.
  • memakai kembali wadah kosong untuk fungsi lain. sebagai contoh, botol bekas digunakan sebagai tempat minyak goreng.
  • menggunakan alat-alat penyimpanan elektronik yang dapat dihapus dan digunakan kembali.
  • memanfaatkan Sisi kertas yang masih kosong untuk menulis
  • menjual sampah terpilah kepada pihak yang memerlukan.

Baca Juga : MATERI GEOGRAFI SUMBER DAYA ALAM

 Recycle ( mendaur ulang)

abundance blur bundle close up
Photo by Digital Buggu on Pexels.com

Recycle merupakan tindakan mendaur ulang atau mengolah kembali barang yang sudah tidak berguna menjadi barang lebih berguna. Pernahkah kalian melihat koran lama bertumpukan tidak terpakai?  koran tersebut dapat didaur ulang menjadi kertas buram sesuai prinsip 3R.

Kegiatan ini memerlukan proses yang lebih panjang akan tetapi hal tersebut lebih efektif dalam mengurangi sampah.

Tahap-tahap recycle meliputi pengumpulan sampah, memilah sampah, menggunakan kembali, dan mengirim ke tempat daur ulang.

Pemilihan sampah dapat dilakukan kan di tempat sampah yang terpisah,  jadi sampah di bedakan sesuai jenisnya misal sampah  organik dan  anorganik

 beberapa tindakan recycle dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut

  •  memilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai
  • mengolah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.
  • melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos.
  • melakukan pengolahan sampah anorganik menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual, seperti mengolah sampah kertas menjadi kertas daur ulang.
  • mengolah bekas styrofoam  menjadi bahan kerajinan
  • memanfaatkan kertas bekas untuk amplop
  • memanfaatkan kaleng bekas untuk pot bunga

 Demikian rangkuman atau penjelasan tentang prinsip 3R manusia tidak bisa lepas dari pemanfaatan sumber daya alam banyak prinsip pengelolaan sumber daya alam yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan salah satunya dengan prinsip 3R tadi.

Sudahkah kalian menerapkan salah satu prinsip pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang kita jelaskan di atas kalau sudah coba tuliskan di kolom komentar Pendapat kalian tentang yang prinsip pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

 Sekian rangkuman materi tentang prinsip 3R semoga bermanfaat.