Geovolcan.comBatuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma pijar yang membeku menjadi padat. Menurut beberapa teori tentang terjadinya bumi, pada suatu waktu lalu bumi berupa massa cair yang dinamakan magma. Magma ini selanjutnya membeku membentuk kerak bumi dan Sebagian besar batuan kerak bumi menjadi jenis batuan beku. Pada kenyataan nya 80% batuan yang Menyusun batuan kerak bumi adalah batuan beku.

Berdasarkan tempat terbentuknya magma beku, batuan beku di bagi menjadi tiga macam.

Batuan beku dalam ( Plutonik/abisik)

Batuan beku dalam terjadi dari pembekuan magma yang berlansung perlahan-lahan Ketika masih berada jauh di dalam kulit bumi. Contoh batuan beku dalam adalah granit, diotit, dan gabro

Ciri-ciri batuan beku dalam adalah sebagai berikut.

  • Umumnya berbutir lebih kasar dibandingkan batuan ekstrusi
  • Jarang memperlihatkan struktur visikular (mengandung lubang-lubang gas)
  • Batuan dapat merubah batuan yang berbatasan pada semua sisinya.

Batuan beku gang/korok

Batuan beku korok, terjadi dari magma yang membeku di Lorong antara sarang magma dan permukaan bumi. Magma yang meresap di antara lapisan-lapisan litosfer mengalami proses pembekuan yang berlansung cepat, sehingga kristal mineral yang besarnya tidak sama merupakan ciri batuan beku korok. Contoh granit fosfir.

Batuan beku luar/lelehan

Batuan beku luar atau batuan beku lelehan terjadi dari Sebagian magma yang membeku setelah sampai permukaan bumi. Proses terjadinya diawali magma yang keluar sampai permukaan bumi, kemudian terpengaruh oleh berbagai faktor temperatur udara, air dan angin. Sehingga temperatur dari magma tersebut akan turun cepat sekali, maka Ketika magma Ketika tersebut membeku hanya membentuk kristal-kristal kecil, dan Sebagian ada yang sama sekali tidak mempunyai kristal. Contoh batuan beku luar adalah basalt, diorit, andesit, obsidian, scoria, dan bumice/batu apung.

Batuan beku luar memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Pada umumnya mempunyai butir kristal yang halus, bahkan amorf ( tidak mempunyai kristal)
  • Sebagian memperlihatkan struktur visikular artinya Sebagian dari batuan beku luar memperhatikan adanya lubang-lubang bekas materi gas yang terperangkap.
  • Kristal mineral batuanya menunjukan tekstur aphanitis (kristal yang halus dan amorf)

Baca Juga : Batuan Pembentuk Litosfer dan kunjungi fanspage Facebook kami di geovolcan