Hai sahabat geovolcan bumi mempunyai struktur lapisan mirip telur. Cangkang atau kulit telur mewakili lapisan kerak bumi (crust), inilah bagian dari litosfer. Litosfer merupakan lapisan batuan pembentuk kerak bumi. Litosfer berasal dari kata lithos artinya batuan, dan sphere artinya lapisan. Sehingga, litosfer dapat diartikan sebagai lapisan bmi yang paling luar atau biasa disebut dengan kulit bumi. Lapisan ini umumnya terjadi dari kimia yang banyak mengandung SiO2, sehingga disebut pula sebagai lapisan silikat.

lapisan Litosfer tersusun dari tiga macam batuan, yaitu batuan beku, sedimen, dan metamorf/malihan. Batuan-batuan tersebut merupakan hasil dari adanya suatu proses yang dikenal sebagai siklus atau daur batuan. Siklus atau daur batuan, yaitu batuan mengalami perubahan wujud dari magma, batuan beku, batuan sedimen, batuan malihan,dan Kembali lagi menjadi magma.

Magma adalah larutan silikat yang cair dan pijar yang terdapat di dalam bumi.

Adapaun jenis batuan yang mendominasi permukaan bumi adalah batuan sedimen yang menutupi hamper 66% permukaan bumi, sedangkan 34% berupa batuan ekstursi (8%), batuan intrusi (9%) dan batuan metamorf (17%).

Berdasarkan proses terjadinya, batuan dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan

Baca Lanjutannya :

Ikuti kami di youtube dan kunjungi channel kami Geo volcan