Dampak Perubahan iklim global disebabkan oleh meningkatnya kosentrasi gas di atmosfer. Hal ini terjadi sejak revolusi industri yang membangun sumber energi yang berasal dari batu bara, minyak bumi dan gas yang membuang limbah gas di atomosfer seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan nitrogen oksida (N2O). Dampak perubahan iklim global sebagai berikut.

Dampak Perubahan iklim terhadap pertanian dan perikanan

Adanya perubahan iklim berdampak pada kegiatan pertanian, berikut dampak perubahan iklim terhadap pertanian.

1.Terjadinya perubahan musim dimana musim kemarau menjadi lebih panjang sehingga menyebabkan gagal panen, krisis air bersih, dan kebakaran hutan.

2.Terjadinya pergeseran musim dan perubahan pola hujan, mengakibatkan Indonesia harus import beras.

3.Produktivitas pertanian di daerah tropis diperkirakan akan mengalami penurunan bila terjadi kenaikan suhu rata-rata global antara 1°C-2°C sehingga meningkatkan resiko bencana kelaparan.

4.Meningkatnya frekuensi kekeringan dan banjir di perkirakan akan memberikan dampak negatif pada produksi local, terutama pada sektor penyediaan pangan di daerah subtropis dan tropis.

Dampak perubahan iklim terhadap kenaikan muka air laut

Adanya perubahan iklim berdampak pada kenaikan muka air laut. Berikut dampak yang di rasakan antara lain:

Kenaikan temperatur menyebabkan es dan gletser di kutub utara dan selatan mencair. Peristiwa ini menyebabkan terjadinya pemuaian massa air laut dan kenaikan permukaan air laut.

Kenaikan muka air laut membawa banyak perubahan bagi kehidupan di bawah laut, seperti pemutihan terumbu karang dan punahnya berbagai jenis ikan.

Kenaikan muka air laut juga akan merusak ekosistem hutan bakau,serta mengubah sifat biofisik dan biokimia dizona pesisir.

Dampak perubahan iklim terhadap ekosistem

Kemungkinan punahnya 20%-30% spesies tanaman dan hewan bila terjadi kenaikan suhu rata-rata global sebesar 1,5°C-2.5°C.

Meningkatnya tingkat keasaman laut karena bertambahnya karbon dioksida di atmosfer diperkirakan akan membawa dampak negatif pada organisme-organisme laut,

seperti terumbu karang serta spesies-spesies yang hidupnya tergantung pada organisme tersebut

Hilangnya berbagai flora dan fauna khususnya di Indonesia yang memiliki aneka ragam jenis,

misalnya pemutihan karang seluas 30% atau sebanyak 90%-95% karang mati di kepulauan seribu akibat naiknya suhu air laut.

Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan

Ketika perubahan iklim datang, kesehatan Manusia dalam ketidakpastian waktu perubahan iklim akan sangat berdampak terhadap kesehatan masyarakat secara langsung. berikut dampak perubahan iklim terhadap kesehatan.

Frekuensi timbulnya penyakit, seperti malaria dan demam berdarah meningkat.

Penduduk dengan kapasitas beradaptasi rendah akan semakin rentan terhadap diare, gizi buruk, serta berubahnya pola distribusi penyakit-penyakit yang ditularkan melalui berbagai serangga dan hewan. 

Pemanasan global juga memicu meningkatnya kasus penyakit tropis, seperti malaria dan demam berdarah.

Manusia dengan penurunan fungsi jantung sangat mungkin terjadi lebih Rentan terkena serangan jantung pada cuaca yang panas karena mereka membutuhkan energi lebih untuk mendinginkan tubuh mereka.

Penderita alergi dan asma akan meningkat secara signifikan.

Dampak perubahan iklim terhadap sektor ekonomi

Dampak di atas yang terjadi pada setiap sektor tersebut secara langsung akan memberikan dampak terhadap kerugian perekonomian.

Materi yang lain bisa di cek di youtube kami dan baca juga materi-materi yang lain