Hidrosfer adalah keseluruhan sistem air di bumi yang meliputi lautan,  perairan daratan, air tanah, es, salju, dan air yang ada di atmosfer lebih kurang tiga perempat dari permukaan bumi ditutupi oleh air. Air di bumi bersirkulasi dalam lingkaran hidrologi. Air jatuh sebagai hujan, mengalir ke samudra samudra, dan menguap kembali ke atmosfer.

Apabila dilihat dari tempatnya, hidrosfer dapat disklasifikasikan menjadi dua bagian besar, yaitu perairan darat dan Perairan laut. intinya hidrosfer merupakan wilayah perairan yang mengeilingi bumi.

Air di permukaan bumi meliputi laut, sungai, Danau, Rawa, salju,  es dan gletser. Air di udara meliputi  uap air, kabut, dan awan.  Air dalam tanah meliputi air tanah, air kapiler, gaiser, dan artesis.

Siklus hidrologi

Siklus hidrologi adalah pola sirkulasi air dalam ekosistem yang dimulai dengan adanya proses pemanasan permukaan bumi oleh sinar matahari, kemudian terjadi penguapan  hingga akan terjadi kondensasi  uap air yaitu proses perubahan uap air menjadi titik  air. Kumpulan titik air di atmosfer dinamakan awan. Apabila uap air telah menjadi titik-titik air, maka hujan akan turun selanjutnya nya air hujan yang jatuh ke permukaan bumi akan tersebar ada yang meresap ke dalam tanah singgah di daunan mengalir menuju laut melalui sungai atau mengumpul di danau atau menguap lagi ke atmosfer.

Macam siklus hidrlogi

Siklus hidrologi dapat dibedakan menjadi tiga macam sebagai berikut.

  • Siklus kecil yaitu air laut menguap , mengalami kondensasi menjadi awan lalu turun sebagai hujan di laut.
  • Siklus sedang yaitu air laut menguap, mengalami kondensasi dan terbawa angin, membentuk awan di atas daratan, turun sebagai hujan, lalu masuk ke tanah, selokan, sungai, dan kembali ke laut.
  • Siklus besar, yaitu air laut menguap kemudian membentuk kristal-kristal es di atas laut, terbawa angin ke daratan (pegunungan tinggi), jatuh sebagai salju, membentuk gletser (lapisan es yang bergerak menuruni lereng di pegunungan), masuk ke sungai dan kembali ke laut.

Proses-proses dalam siklus hidrologi

Terjadinya siklus hidrologi meliputi beberapa proses yaitu,

Evaporasi yaitu proses perubahan air menjadi gas pada lingkungan abiotic. Sekitar 80% pengupan di bumi berasal dari penguapan air laut.

Transpirasi yaitu proses pelepasan uap air dari tumbuh-tumbuhan melalui stomata dan lentisel.

Evotranspirasi yaitu gabungan proses evaporasi dan transpirasi

Kondensasi yaitu proses perubahan uap air menjadi air akibat pendinginan.

Adveksi yaitu tranportasi panas dan uap air dari satu lokasi ke lokasi yang lain oleh Gerakan udara yang mendatar.

Presipitasi yaitu segala bentuk curahan dari atmosfer ke permukaan bumi yang meliputi hujan air, hujan es, dan salju.

Run off (aliran permukaan) yaitu pergerakan aliran air pada permukaan tanah melalui sungai dan saluran air.

Infiltrasi yaitu perembesan atau masuknya air ke dalam tanah melalui pori-pori tanah secara vertical.

Perkolasi yaitu perembesan atau masuknya air ke dalam tanah melalui pori-pori tanah secara horizontal.

lebih jelasnya bisa di lihat di video di bawah ini

Baca Juga materi tentang : Pengertian angin, proses, dan jenisnya dan Kunjungi youtube channel kami disini