Dewasa ini komputer semakin berperan dalam kehidupan manusia. Manusia menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaan. Sebagai pelajar, mungkin Anda juga sering memanfaatkan jasa komputer. Misalnya saja saat Anda membuat laporan, menulis cerita pendek, maupun membuat kartu ucapan. Mungkin juga Anda menggunakan komputer untuk menyalurkan kegemaran (hobby). Sebagai contoh, membuat film animasi, mendesain poster, dan membuat kartu nama.

Komputer memang telah berkembang menjadi ”sahabat” manusia. Hampir semua pekerjaan manusia dipermudah berkat komputer. Meskipun begitu, komputer bukanlah robot ”serba tahu”. Benda ini hanyalah alat bantu. Hasil akhir yang diperoleh bergantung kepada kemampuan manusia ”mengoperasikan” komputer.

Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :

  1. Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
  2. Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.

A.1 Menghidupkan Komputer

Untuk menghidupkan komputer, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
  2. Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan meryalankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer.
  3. Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem.

A.2 Mematikan Komputer

Jika sistem operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

  1. Pilih Tombol Start pada taskbar
  2. Tekan Tombol Turn Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
    -Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power.
    -Turn Off, Pllihan digunakan untuk mematikan komputer.
    -Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi.
    -Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk.

B. MACAM.MACAM PERANGKAT LUNAK

Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :

  1. Sistem Operasi
  2. Program Aplikasi
  3. Bahasa Pemrograman
  4. Program Bantu
  5. Program Paket
  6. Program Permainan
  7. Program Multimedia

SISTEM OPERASI

Sistem operasi merupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di Kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin).
Contoh Sistem Operasi :
. Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Vista, Windows NT (untuk jaringan).
. Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
. Produk Apple : Macintosh
. Produk IBM : DOS, UNIX

PROGRAM APLIKASI

Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.

BAHASA PEMROGRAMAN

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
-Low Languange Program (Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
-Middle Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
-High Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi),Contohnya Pascal, Borland , Fotran
-4GL (Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4), contohnya Visual Basic, Visual FOxpro

PROGRAM BANTU ( Utility )

Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup, Disk Defragmenter, dsb.

PROGRAM PAKET

Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft Excel), Untuk Program presentasi (Microsoft Power Point) dll.
Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:

Aplikasi perkantoran, misalnya:Microsoft Office dan StarOffice

Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server

Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw

PROGRAM PERMAINAN

Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.
Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories Windows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia

PROGRAM MULTIMEDIA

Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
Contoh Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet

Mengenal Port dan Konektor

Casing, monitor, keyboard, mouse, serta semua peralatan di- hubungkan dengan cara khusus. Alat yang digunakan untuk menghubungkan semua perangkat adalah kabel. Kabel memiliki dua bagian, yaitu bagian ujung dan pangkal. Pada ujung dan pangkal kabel dipasangkan alat berupa konektor (connector). Konektor ini ditancapkan atau dipasangkan pada bagian bernama port. Port dapat terletak pada casing, monitor, printer, dan scanner.

Konektor yang digunakan pada komputer berbeda-beda. Perbedaan konektor mengakibatkan perbedaan port. Jenis port serta konektor perlu Anda perhatikan. Hal ini berguna saat Anda harus merangkai perangkat- perangkat sehingga terbentuk satu unit komputer. Agar lebih paham mengenai hal ini, simak beberapa jenis port berikut.

a. Universal Serial Bus (USB) Port

Jenis port USB (port universal serial bus) digunakan sebagai tempat menancapkan konektor USB. Port ini biasa digunakan untuk menghubungkan casing dengan printer, flash disk, external hard disk, dan scanner. Keyboard dan mouse yang diproduksi akhir-akhir ini menggunakan port USB pula.
Di pasaran dikenal beberapa jenis port USB, misalnya port USB
type A, port USB type B, port USB mini-A, dan port USB mini-B.

b. Ethernet Port

Port jenis Ethernet digunakan untuk membangun jaringan. Jaringan yang terbentuk dapat berupa jaringan lokal maupun internet.

c. Parallel Port

Jenis port ini digunakan untuk menghubungkan printer dengan casing. Printer yang menggunakan port ini biasanya berupa printer model LPT/1.

d. Video Graphics Array (VGA) Port

VGA port digunakan untuk menghubungkan casing dan monitor. Konektor dan port VGA dapat terpasang kuat karena konektor VGA disertai baut pengencang

a.         PS/2 Port

Port PS/2 (baca: pi es tu) digunakan untuk menghubungkan mouse serta keyboard. Mouse dan keyboard yang menggunakan port jenis ini disebut mouse PS/2 dan keyboard PS/2. Port PS/2 masih banyak digunakan meskipun sekarang telah beredar mouse serta keyboard yang menggunakan konektor USB.

Letak port untuk keyboard berdampingan dengan port mouse. Untuk membedakan dua port ini, Anda dapat melihat warna port. Port untuk keyboard berwarna ungu, sedangkan port untuk mouse berwarna hijau muda.

f. International Electronical Commission (IEC) Port

Port jenis ini digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam monitor maupun casing. Konektor IEC memiliki tiga batang logam.

g. Tip-Ring-Sleeve Port (TRS)

Port jenis ini dapat digunakan untuk menghubungkan media masukan maupun keluaran. Media masukan misalnya headset multimedia. Media keluaran misalnya speaker.
Port TRS berpasangan dengan konektor TRS. Konektor TRS berbentuk silinder meruncing.

Merangkai Perangkat Komputer

Sebelum digunakan, perangkat penyusun komputer harus dirangkai. Dapat dikatakan bahwa perangkat utama penyusun komputer adalah CPU. Perangkat-perangkat yang lain dirangkai dengan memasangkan perangkat tersebut pada casing.

Setelah mengetahui berbagai port, sekarang coba perhatikan langkah- langkah untuk merangkai komputer. Karena setiap perangkat memiliki port dan konektor khusus, saat merangkai perangkat Anda harus memerhatikan masing-masing port pada casing. Perhatikan port pada casing di bawah ini.

Memasang Kabel Power Casing

Perhatikan langkah-langkah memasang kabel power casing berikut.

  • Siapkan kabel power yang dilengkapi konektor IEC.
  • Tancapkan konektor IEC pada port IEC.

b. Menyambungkan Casing dan Monitor

Perhatikan langkah-langkah menyambung casing dan monitor berikut.
1) Siapkan kabel penghubung casing dan monitor.
2) Hubungkan konektor dengan port casing, kuatkan posisi konektor dengan cara mengencangkan baut.

c. Menyambungkan Casing dan Mouse

Cara menghubungkan casing dan mouse dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang dapat Anda gunakan bergantung pada jenis konektor mouse. Jika menggunakan konektor PS/2, carilah port untuk menancapkan konektor mouse jenis PS/2. Ingat bahwa port ini berwarna hijau muda.
Jika Anda menggunakan mouse jenis USB, tancapkan konektor
mouse pada port USB.

d. Menyambungkan Casing dan Keyboard

Cara menyambungkan keyboard hampir sama dengan cara menyambungkan mouse. Bedanya, Anda harus menancapkan konektor PS/2 pada port berwarna ungu.
Jika Anda menggunakan keyboard jenis USB, tancapkan konektor USB pada port USB.

e. Menyambungkan Casing dengan Jaringan

Agar dapat berhubungan dengan komputer lain, Anda dapat merangkaikan komputer menjadi jaringan. Jika Anda telah memiliki jaringan komputer, Anda hanya perlu menambahkan satu komputer dalam jaringan tersebut. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sebagai berikut.
1) Siapkan kabel jaringan beserta konektor yang sesuai.
2) Tancapkan konektor tersebut pada port Ethernet.

f.Menyambungkan Speaker dan Casing

Speaker menggunakan beberapa jenis konektor antara lain konektor TRS dan konektor USB. Cara menyambungkan speaker berkonektor TRS mirip dengan cara menyambung speaker berkonektor USB. Jika Anda menggunakan konektor USB, tancapkan konektor USB pada salah satu port USB casing. Konektor USB ini berfungsi sebagai penghubung speaker ke sumber listrik. Sebaliknya, jika tidak meng- gunakan konektor USB, tancapkan konektor power ke sumber listrik.

Tancapkan konektor TRS pada port berwarna hijau muda. Port ini biasa terletak di tengah atau di antara dua port pengapit.

g. Menghubungkan Monitor dan Casing dengan UPS

Monitor dan casing memerlukan arus listrik agar dapat bekerja. Pada dasarnya casing serta monitor dapat dihubungkan secara langsung dengan sumber listrik. Akan tetapi cara ini kurang aman. Sebaiknya casing serta monitor dihubungkan dengan Uniterruptible Power Supply (UPS) terlebih dahulu. UPS dapat menyimpan arus listrik sehingga komputer tidak langsung mati saat listrik mati.

Untuk menghubungkan monitor ke UPS, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan kabel power monitor.
  2. Tancapkan konektor IEC (konektor pada monitor) pada port yang sesuai.
  3. Tancapkan kabel dari casing dan monitor ke UPS.

H. Menghubungkan UPS Sumber Listrik

UPS memiliki kabel untuk menghubungkan alat ini dengan sumber listrik. Untuk menghubungkan UPS dan sumber listrik, lakukan langkah- langkah berikut.

  1. Siapkan kabel power UPS.
  2. Tancapkan konektor pada port yang sesuai.
  3. Tancapkan kabel ke sumber listrik.