Tak perlu sampai ke Pulau Bali, jika ingin berselancar membelah ombak. Yup! Bagi Kamu yang tinggal di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur, ada satu pantai yang cocok dikunjungi jika ingin mencoba teknik-teknik dalam berselancar. Namanya, Pantai Pulau Merah. Pantai yang terletak di Banyuwangi ini, memang sudah sangat populer dengan ombaknya. Tak salah jika pantai ini disebut-sebut sebagai Pantai Kuta kedua. Kamu ingin mencoba berlibur ke sana? Yuk, simak dulu informasi tentang Pantai Pulau Merah berikut ini.

Tentang Pantai Pulau Merah

Bagi sebagian orang, Banyuwangi mungkin bukanlah daerah yang familiar di telinga. Bahkan meskipun sama-sama terletak di Jawa Timur, Banyuwangi mungkin masih kalah populer dibandingkan dengan Surabaya atau Malang. Tapi, jangan salah, ada banyak destinasi wisata yang tak kalah dengan daerah lain, yang wajib Kamu kunjungi. Salah satunya tentu saja Pantai Pulau Merah. Alasan pantai ini disebut Pulau Merah adalah karena adanya sebuah bukit kecil berwarna hijau yang menjulang tinggi, dan terletak di ujung pantai. Di bagian bawah bukit tersebut dihiasi dengan batu-batu karang, dan bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah. Sore hari, ketika matahari mulai terbenam, akan muncul cahaya matahari berwarna jingga kemerahan dari balik bukit. Indah, bukan? Karena itulah pantai ini dikenal dengan nama Pantai Pulau Merah.

Baca Juga : INI DIA! PANTAI CACALAN, PANTAI DENGAN SPOT MENIKMATI SUNRISE YANG INSTAGRAMABLE

Lokasi Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi, terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya sekitar 60 km dari Kota Banyuwangi. Untuk mencapai destinasi wisata ini, Kamu perlu menuju Kota Banyuwangi terlebih dulu. Dari sana, Kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam lagi. Tidak ada angkutan umum yang bisa Kamu gunakan untuk ke sana. Jadi, persiapkan kendaraan pribadimu, ya! Atau, Kamu juga bisa menyewa kendaraan dari kota asalmu. Jangan khawatir, jalan menuju Pantai Pulau Merah ini sudah diaspal, sehingga perjalananmu tidak akan terganggu. Kawasan wisata ini memang yang sudah mendapat perhatian ekstra dari pemerintah daerah setempat.

Sumber Gambar : Surfschool Red Island

Keunikan Pantai Pulau Merah

Selain karena keindahan alamnya, Pantai Pulau Merah juga populer di kalangan para peselancar tingkat dunia. Ombak di pantai ini termasuk tidak sesuai jika digunakan untuk berenang, terutama bagi anak kecil. Namun, sangat cocok digunakan untuk berselancar bagi para pemula sampai para profesional. Pantai Pulau Merah rata-rata memiliki ombak setinggi 2 meter, dan tidak memiliki batu karang di dasar lautnya. Sehingga, menjadi tempat yang ideal untuk melakukan kegiatan berselancar.

Keunikan lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah pada saat air laut surut, Kamu bisa berjalan kaki menuju ke bukit kecil yang menjulang tadi. Di pulau tersebut, terdapat sebuah Pura bagi umat Hindu beribadah serta melakukan upacara Melasti atau Mekiyis. Upacara Melasti atau Mekiyis merupakan upacara yang dilakukan umat Hindu, untuk menyucikan barang-barang sakral yang dimilikinya ke laut. Nah, jika Kamu datang ke Pantai Pulau Merah hanya untuk bersantai dan menikmati keindahan alam, Kamu bisa duduk-duduk di tepi pantai. Pasir pantainya yang putih bersih memang pas bagi Kamu yang ingin berlibur sambil bercengkerama bersama keluarga atau sahabat. Jangan lupa berfoto sebelum pulang, ya!

Itu tadi informasi tentang Pantai Pulau Merah di Banyuwangi yang cocok dikunjungi para peselancar. Berminat untuk berselancar ke sana?