Pengertian Iklim adalah keadaan yang mencirikan atmosfer pada suatu daerah dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu kira-kira 30 tahun. Pengertian iklim sama seperti unsur-unsur cuaca yaitu suhu, udara, pancaran matahari, tekanan udara, angin, kelembapan, udara, hujan, keadaan awan,dan embun.

Unsur-unsur iklim adalah unsur-unsur cuaca yang telah diratakan-ratakan dalam waktu yang lama. Perubahan iklim berlangsung dalam periode yang lama dan meliputi areal yang sangat luas. Perbedaan iklim di belahan bumi akan berdampak pada penyesuaian terhadap alam. Bentuk penyesuaian itu antara lain dapat dilihat dari penampilan adat istiadat dan budaya.

Klasifikasi Iklim

Secara umum klasifikasi iklim diciptakan agar para ahli dapat lebih memkatagorikan iklim-iklim di seluruh dunia khususnya di negara indonesia. adapun klasifikasi iklim di indonesia antara lain:

1.Iklim Matahari

Berdasarkan letak lintangnya, Klasifikasi iklim matahari dibedakan menjadi tiga zona, yaitu zona iklim tropik, zona iklim sedang, dan zona iklim kutub

2. Iklim Fisis

Iklim yang didasarkan pada pembagian daerah menurut kenyataan yang sesungguhnya. Sebagai faktor fisis antara lain pengaruh daratan yang luas, lautan, angin, arus laut, vegetasi, dan topografi.

3. Klasifikasi iklim menurut Koppen

Klasifikasi iklim menurut Koppen didasarkan atas suhu dan rata-rata curah hujan bulanan dan tahunan.

4.Klasifikasi Iklim menurut Schmidt-Ferguson

Schmidt-Ferguson mengklasifikasikan iklim bersasarkan rasio Q. Rasio Q adalah perbandingan rata-rata bulan kering dan rata-rata bulan basah dikali 100%.

5. Klasifikasi Iklim menurut Junghuhn

Franz Wilhen Junghuhn seorang berkebangsaan Jerman mengklasifikasikan iklim di indonesia berdasarkan ketingian dan jenis vegetasi yang tumbuh di daerah tersebut.

6. Klasifikasi Iklim menurut Oldeman

Dalam pembagian iklim, Oldeman lebih menitikberatkan pada banyaknya bulan basah dan bulan kering secara berturut-turut yang dikaitkan dengan sistem pertanian untuk daerah-daerah tertentu.

untuk pembahasan lebih jelasnya tentang cuaca dan klasifikasi iklim tolong kalian lihat 2 video di bawah ini

Faktor-faktor yang mempengaruhi iklim

  • letak garis lintang
  • letak tinggi tempat
  • pengaruh daratan yang luas
  • lokasi daerah : dekat laut, dekat danau, atau daerah padang pasir.
  • daerah gunung (pegunungan) yang dapat mempengaruhi posisi bayangan hujan.
  • suhu udara dan awan
  • Kelembapan udara dan banyak sedikit nya curah hujan
  • pengaruh arus laut, topografi, dan vegetasi
  • panjang-pendeknya musim.

silahkan absensi dengan chat di pojok kanan chat warna biru di klik dan isi nama, kelas dan nomer absen. Minggu ini pembahasan klasifikasi iklim jangan lupa untuk lihat infomasi terbaru di channel youtube geovolcan dan yang belum mengumpulkan tugas minggu kemaren bisa di kumpulkan tugasnya di menu upload tugas sekian terima kasih.