Kopi merupakan jenis minuman yang penting bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Bukan hanya karena kenikmatan konsumen peminum kopi namun juga karena nilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi (seperti Indonesia).

Wilayah subtropis dan tropis merupakan lokasi yang baik untuk budidaya kopi.Banyuwangi dikenal sebagai daerah penghasil
kopi. Kopi menjadi salah satu hasil bumi andalan di Banyuwangi. Selain memiliki lahan kopi yang begitu luas, cita rasa kopi Banyuwangi juga memiliki karakter rasa yang kuat dan khas hingga banyak dikenal di mancanegara. Salah satu sentra kopi rakyat berada di Dusun Krajan, Desa Telemung, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

Pemanfaatan Kopi

brown coffee beans
Photo by Vitaly Vlasov on Pexels.com

Kopi ternyata memberikan banyak manfaat dalam kesehatan tubuh manusia. Manfaat kopi antara lain :

  1. Menurunkan berat badan
  2. Dapat mencegah diabetes
  3. Mengurangi tingkat stres dan depres
  4. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh
  5. Meningkatkan daya ingat
  6. Meredakan sakit kepala
  7. Mencegah kanker kulit
  8. Meningkatkan stamina dan performa,dan masih banyak lagi manfaat kopi.

Dampak Sosial Adanya Perkebunan Kopi

Pengaruh adanya perkebunan kopi terhadap masyarakat disekitar yaitu mencakup dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.Kopi merupakan tanaman yang mendorong proses intelektualitas masyarakat di Indonesia, seperti halnya pada sejumlah masyarakat di Eropa.

Petani kopi pun pantas disebut sebagai penggerak intelektualitas. Pada masyarakat yang hidup dari berkebun kopi,
kehidupannya jauh lebih peduli lingkungan, jauh dari persoalan kriminalitas, dan tradisi dan seninya terus terjaga. Kondisi petani kopi di Indonesia tidak sebaiknya di masa lalu.

Namun pemerintah memiliki peluang untuk mengembangkan kopi sebagai sumber ekonomi yang berkelanjutan.Hutan tetap terjaga karena terjadi peremajaan kebun kopi, serta harga kopi yang tetap stabil atau terjaga.

Kopi merupakan jenis minuman yang penting bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Bukan hanya karena kenikmatan konsumen peminum kopi namun juga karena nilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi .Wilayah subtropis dan tropis merupakan lokasi yang baik untuk budidaya kopi. Banyuwangi dikenal sebagai daerah penghasil
kopi.

Kopi mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk menurunkan berat badan.Pengaruh adanya perkebunan kopi terhadap masyarakat disekitar yaitu mencakup dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Kopi merupakan tanaman yang mendorong proses intelektualitas masyarakat di Indonesia, seperti halnya pada sejumlah masyarakat di Eropa. Petani kopi pun pantas disebut sebagai penggerak intelektualitas.

Nama Lengkap : MUHAMMAD FUAD AL HARITS
Kelas : XI IPS 1
Nomer Absen : 20