Pembahasan perkebunan dan pemanfaatan tebu, secara pengertian Tebu adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun. Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatra.Untuk pembuatan gula, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu, nira atau air perasan tebu tersebut disaring, dimasak, dan diputihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu tersebut akan dihasilkan gula 5%, ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air.

Pemanfaatan Tebu

Tebu ternyata memberikan banyak manfaat dalam kesehatan tubuh manusia.Manfaat tebu dari segi kesehatan antara lain :

  • Mencegah dan mengobati penyakit kuning
  • Mengatasi kerusakan pada gigi dan gusi
  • Mencegah stroke
  • Mengatasi batu ginjal
  • Mencegah infeksi saluran pencernaan

Dari segi industri :

  • Bahan utama pembuatan gula.Bisa dijadikan gula batu, gula pasir, gula kristal maupun gula balok
  • Pembuat kertas. Ampas tebu dapat diolah menjadi kertas.
  • Bahan pembuatan alkohol.
  • Pakan ternak.
  • Sebagai pembangkit listrik.

Dampak Sosial Adanya Perkebunan Tebu

Pengaruh adanya perkebunan tebu terhadap masyarakat disekitar yaitu mencakup dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.Tebu merupakan tanaman yang mendorong proses intelektualitas masyarakat di Indonesia.Pada masyarakat yang hidup dari berkebun tebu,kehidupannya jauh lebih peduli lingkungan, jauh dari persoalan kriminalitas, dan tradisi dan seninya terus terjaga.Dengan adanya perkebunan tebu akan menimbulkan dampak yang signifikan terhadap masyarakat disekitar.Masyarakat yang kesulitan mencari kerja bisa melamar sebagai petani tebu dan lingkungan disekitar tidak akan tercemar karena perkebunan tebu biasanya menggunakan alih fungsi lahan.

Baca juga

Perkebunan dan Pemanfaatan Kopi kec kalipuro banyuwangi
Pemanfaatan Belerang Di gunung Ijen Banyuwangi

Penutup

Perkebunan dan pemanfaatan tebu di ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis.Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun. Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatra.Untuk pembuatan gula, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras di pabrik gula.Tebu memiliki banyak sekali manfaat,baik dibidang kesehatan maupun industri. Pada masyarakat yang hidup dari berkebun tebu,kehidupannya jauh lebih peduli lingkungan, jauh dari persoalan kriminalitas, dan tradisi dan seninya terus terjaga.Dengan adanya perkebunan tebu akan menimbulkan dampak yang signifikan terhadap masyarakat disekitar.

Nama Lengkap : IZZA RAHMA PUTRI
Kelas                   : XI IPS 1
Nomer Absen    : 12