Hai sahabat geovolcan kali ini kita akan membahas tentang skala waktu geologi pada sejarah perkembangan bumi pada bab dinamika planet bumi pada mata pelajaran geografi kelas 10.

waktu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari catatan waktu biasanya disimpan dalam suatu penanggalan (kalender) yang ukurannya didasarkan atas peredaran bumi terhadap matahari.

Sama halnya dengan perhitungan waktu dalam kehidupan manusia maka dalam mempelajari sejarah bumi dipakai suatu jenis penanggalan yang dikenal dengan nama skala waktu geologi.

para ahli telah membagi urutan Sejarah Bumi dan kehidupan dalam skala waktu geologi yang dibedakan dalam pembagian skala besar hingga kecil mulai dari kurun, masa, zaman dan kala.

berikut adalah urutannya mulai dari paling besar yaitu Kurun Kemudian dari masing-masing kurun terdapat beberapa zaman dari beberapa zaman terdapat beberapa masa dan ada pada beberapa masa terdapat beberapa kala jadi urutannya mulai dari kurun, zaman, masa dan kala

urutan :

  • Kurun/Eon
  • Zaman/era
  • Masa/Periode
  • Kala

kurun berdasarkan ada dan belum adanya kehidupan yang nyata dibedakan menjadi dua yaitu prakambrium(kurun belum dijumpai kehidupan nyata) dan fanerozoikum (kurun sudah ada kehidupan nyata)

Kurun Prakambrium

Pada kurun ini bedakan menjadi tiga zaman yaitu Hadean, Arkeozoikum, dan Proterozoikum.

1.Zaman Hadean

Nama zaman geologi paling tua yang berkisar antara 4,0 sampai dengan 4,6 Miliar tahun yang lalu, dan ditandai dengan pembentukan bumi.

2.Zaman Arkeozoikum

Zaman kehidupan purba 4,6 milyar-2.5 milyar tahun lalu, ditandai yang pertama awal pembentukan batuan kerak bumi, yang kedua terbentuknya hidrosfer dan atmosfer yang ketiga adalah awal munculnya kehidupan primitif di dalam Samudra yang berupa mikro-organisme (bakteri dan ganggang)

3.Zaman Proterozoikum

zaman ini merupakan zaman kehidupan awal 2,5 milyar- 540 juta tahun lalu, ditandai dengan perkembangan kehidupan dari organisme bersel tunggal menjadi bersel banyak dan munculnya invertebrata bertubuh lunank seperti ubur-ubur, cacing dan koral mulai muncul.

Kurun Fanerozoikum

Pada kurun ini dibedakan jadi tiga zaman yaitu zaman paleozoikum, mesozoikum dan kenozoikum Mari kita bahas satu persatu pada

1.zaman paleozoikum

zaman ini (540 juta – 245 juta tahun lalu) merupakan zaman perkembangan hewan invertebrata (tidak bertulang belakang) dan vertebrata, khususnya ikan dan reptilia.  Ganggang laut dan tumbuhan berspora juga berkembang pesat pada zaman ini.

Pada zaman ini dibagi menjadi enam masa yaitu ada kambrium, ordovisium, silur, Devon, karbon, dan prem.

Masa Kambrium (540 juta-510 juta tahun yang lalu)

Pada masa ini mulai banyak muncul kelompok hewan invertebrata yang mempunyai kerangka luar dan bercangkang sebagai pelindung, sehingga kehadirannya sebagai fosil diakui sejak lama sebagai bukti adanya kehidupan nyata.

Masa ordovisium (510 juta-439 juta tahun lalu)

muncul hewan vertebrata dan ditandai dengan keluarnya samudra dan adanya zaman es kemudian

Masa Silur (439 juta-408 juta tahun lalu)

masa peralihan dari kehidupan Air ke darat dan ditandai dengan tumbuhan darat mulai muncul untuk pertama kalinya termasuk pteridofita (tumbuhan paku). Sedangkan di dalam laut hidup kalejengking raksasa( Eurypterid) dan ikan berahang, serta ikan berprisai tulang sebagai pelindung.

Masa Devon (408 juta-362 juta tahun lalu)

masa perkembangan secara besar-besaran jenis ikan dan tumbuhan darat, kemudian ada amfibi mulai berkembang dan beranjak ke daratan.

Masa Karbon (362 juta- 200 juta tahun lalu)

Masa yang ditandai dengan perkembangan tumbuhan, hutan, reptil, dan serangga raksasa

muncul pertama kali pada masa ini dan saat itu benua benua menyatu membentuk suatu masa daratan yang sangat luas disebut dengan benua Pangea.

Masa Perm (290 juta- 245 juta tahun lalu)

masa-masa ini diakhiri dengan kepunahan massal dalam skala besar

Baca juga :

Dampak Rotasi dan Revolusi Bumi Bagi Kehidupan | Geografi Kelas 10
Teori Terbentuknya Jagat Raya | Geovolcan | Materi Geografi Kelas 10
Teori Pembentukan Planet Bumi | Geovolcan | Materi Geografi Kelas 10
√Jenis-jenis Erupsi Berdasarkan sifatnya erupsi

2.zaman Mesozoikum

pada zaman ini ditandai ciri khasnya adalah berkembangnya hewan reptilia khususnya dinosaurus dan zaman ini dibagi menjadi tiga masa yaitu Trias, jura, dan kretaseus.

Masa Trias

dinosaurus dan reptila laut berukuran besar muncul pertama kali dan jenis tumbuhan cycad (mirip plaem) dan konifer mulai menyebar.

Masa Jura

kemudian masa juga kejayaan dinosaurus yang menguasai daratan dan muncul dinosaurus terbang seperti pterosaurus serta pterodactyl. Pada masa ini benua Pangea terpecah.

Masa Kretaseus

Pada masa ini terjadi kepunahan dinosaurus

3.Zaman Kenozoikum

Zaman perkembangan mamalia dan tumbuhan berbiji dan zaman ini dibagi menjadi 2 masa ada masa tersier dan masa kuarter.

1.Masa Tersier

masa ini merupakan masa perkembangan mamalia dan Pada masa ini sebagian kepulauan Indonesia baru terbentuk di masa tersier dibagi menjadi beberapa kala ada palosen, eosen  oligosen, miosen, dan pliosen.

Kala Palosen

awal kemunculan hewan mamalia pemakan rumput, primata, dan juga burung. Kala ini ditandai oleh kegiatan magma yang sangat itensif, susut laut yang besar dan hujan meteorit.

kala Eosen

mamalia mulai berkembang dengan baik, seperti kuda, binatang pengerat dan nenek moyang hewan modern seperti unta, badak, termasuk hiu raksasa (Basilosaurus) dan burung raksasa (Diatryma)

Kala Oligosen

mamalia berkembang semakin bertambah besar ukurannya,  gajah pertama kali muncul, kehidupan laut di tandai dengan munculnya hewan jenis baru seperti kepiting, kerang dan siput. Iklim mendingin, hutan berkurang namun padang rumput meluas disertai dengan pesatnya perkembangan hewan pemakan rumput.

Kala Miosen

padang rumput semakin meluas perkaranya mamalia pemakan rumput berkembang semakin pesat.

Kala Pliosen

fosil-fosil yang berupa kelompok moluska misalnya seperti ubur-ubur siput dan kerang serta foraminifera hewan bercangkang muncul pada kala ini.

2.Masa Kuarter

Masa ini di belahan dunia dikenal sebagai masa perkembangan manusia. masa kuater ini dibagi menjadi dua kala yaitu kala Pleistosen dan kala Holosen

kala Pleistosen

mamalia yang berkembang pada kala ini mempunyai ragam bentuk yang spektakuler contohnya adalah Mammoth, mastodon, smilodon (harimau bergigi pedang), Megatherium (kukang tanah raksasa) beruang gua, dan lain sebagainya. Kala ini merupakan zaman es terbesar.

Kala Holosen

pada kala ini manusia modern mulai berkembang.

Kesimpulan dari skala waktu geologi jika kalian perhatikan pada yang warna kuning adalah menunjukkan kurun warna biru menunjukkan zaman warna merah menunjukkan masa dan warna ungu menunjukkan kala.

Sekian materi tentang skala waktu geologi dalam sejarah perkembangan bumi terima kasih.