Hai sahabat geovolcan kali ini kita akan membahas tentang Rotasi dan Revolusi Bumi pada materi dinamika planet bumi. Kita akan membahas dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan.

Bahwa benda-benda langit termasuk bumi bergerak mengelilingi matahari ketika bumi berputar mengelilingi matahari peristiwa Inilah yang disebut revolusi bumi Selain itu bumi juga melakukan gerakan berputar pada porosnya yang disebut dengan rotasi bumi.

Tentunya revolusi sama rotasinya bumi tadi akan membawa dampak bagi kehidupan kita di bumi kira-kira apa aja ya? mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Rotasi Bumi

Pertama kita bahas rotasi bumi dulu ya perhatikan baik-baik sebelumnya dikatakan bahwa benda-benda langit termasuk bumi bergerak mengelilingi matahari ternyata bumi tidak hanya bergerak mengelilingi matahari tetapi bumi juga melakukan perputaran pada porosnya.

rotasi dan revolusi bumi

Peristiwa ini disebut dengan rotasi bumi untuk melakukan satu kali rotasi atau perputaran bumi kita membutuhkan waktu 24 jam makanya ada kita kenal istilah 1 Hari = 24 Jam

Perputaran planet bumi pada porosnya atau rotasi bumi dapat dideskripsikan seperti ketika berada di dalam kendaraan yang sedang melaju. kita dapat melihat pohon-pohon, tiang listrik, dan rumah-rumah seolah bergerak ke belakang menjauhi kita.

Gejala ini menunjukkan gerakan semu, demikian juga rotasi bumi, kita yang berada di bumi merasakan seolah-olah matahari, planet-planet, dan benda langit lain terbit dari timur dan tenggelam di barat. Akan tetapi, fenomena yang sebenarnya terjadi adalah planet bumi berputar pada porosnya atau berotasi dari Barat ke Timur.  Rotasi planet bumi mengakibatkan benda-benda langit tampak melakukan peredaran semu Harian dari Barat ke Timur. 

Planet bumi berotasi ke arah timur dan apabila dilihat dari Utara, gerakan rotasi planet bumi berlawanan dengan arah jarum jam. kita yang berada bumi sebenarnya berputar dengan kecepatan 1670 km/jam.  Kita tidak merasakan rotasi bumi karena adanya gravitasi atau gaya tarik bumi. Atmosfer dan benda-benda lain kita juga berputar bersama dengan rotasi bumi.

Baca Juga : TEORI TERBENTUKNYA JAGAT RAYA

Dampak Rotasi Planet Bumi bagi Kehidupan

ternyata rotasi bumi juga membawa dampak bagi kehidupan kita di bumi apa saja ya?

1. Peredaran semu harian benda-benda langit

Benda-benda langit seperti matahari bulan dan planet yang tampak pada malam hari seolah-olah bergerak dari timur ke barat. Padahal,  sebenarnya matahari dan benda-benda langit tersebut tidak bergerak dari timur ke barat. benda-benda langit yang seolah-olah bergerak dari timur ke barat akibat rotasi bumi.  pergerakan benda-benda langit ini berlangsung setiap hari dan dikenal dengan peredaran semu harian benda benda langit.

 2.Pergantian siang dan malam 

Hal ini merupakan salah satu dampak dari rotasi bumi yaitu terjadinya siang dan malam ketika bumi berotasi ada sebagian bumi yang menghadap matahari tapi ada sebagian bumi yang membelakangi matahari bagian bumi yang menghadap matahari akan terkena matahari dan kita sebut siang sementara nih bagian bumi yang membelakangi matahari dan tidak terkena matahari kita sebut malam. Kalian dapat melakukan percobaan terjadinya siang dan malam dengan menyorot globe dengan senter dan memutar globe pelan-pelan.

rotasi dan revolusi bumi

3.Perbedaan waktu dan pembagian waktu internasional

Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah waktu yaitu Waktu Indonesia Timur atau WIT, waktu Indonesia tengah atau WITA Dan Waktu Indonesia Barat atau WIB masing-masing wilayah memiliki selisih waktu 1 jam seluruh permukaan bumi dibagi bagi menurut garis lintang dan garis bujur.

Garis lintang adalah garis imajinasi yang sejajar dengan garis tengah khatulistiwa sedangkan garis bujur adalah garis yang sejajar dengan garis tengah kutub. Arah rotasi bumi sama dengan arah revolusinya yakni dari Barat ke Timur Itulah sebabnya matahari selalu terbit di timur terbenam di barat.

london new york tokyo and moscow clocks
Photo by Pixabay on Pexels.com

Waktu GMT atau Greenwich Mean Time sebagai waktu pangkal yang berada pada garis bujur 0° yang melalui kota Greenwich di Inggris, sebagai contoh Indonesia memiliki 3 bujur standar yaitu 1050 1200 1350 bujur timur dengan demikian waktu lokalnya berturut-turut adalah waktu Greenwich ditambah 7 jam 8 jam dan 9 jam.

Jika letak bujur standar itu di sebelah barat bujur 0 maka waktunya dikurangi dan jika letak bujur standar itu di sebelah timur bujur 0 maka waktunya bertambah orang-orang yang berada di sebelah timur akan mengalami matahari terbit dan terbenam terlebih dahulu

Hal ini dikarenakan bumi berputar dari arah Barat ke Timur daerah yang berada pada sudut 15 derajat lebih ketimur akan melihat matahari terbit terlebih dahulu selama 1 jam Jika di Bali matahari telah terbit maka kita di Surabaya baru melihat matahari terbit satu jam setelahnya atau jika di Bali pukul 7.00 WITA maka di Surabaya baru pukul 6 WIB

4.Perbedaan percepatan gravitasi bumi

Percepatan gravitasi bumi di daerah kutub lebih besar daripada di daerah khatulistiwa karena jarak permukaan bumi di Kutub lebih dekat ke pusat bumi. Perbedaan gravitasi bumi di berbagai tempat berpengaruh pada penentuan kecepatan satelit yang mengorbit bumi dan tinggi terbangnya

5.Pembelokan Arah Angin

Angin bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. arah angin tidak Sama persis dengan arah gradien tekanan. Angin daerah Utara di belahan bumi utara akan berbelok ke kanan ketika sampai di daerah ekuator.  Sebaliknya angin dari arah selatan di belahan bumi selatan akan berbelok ke kiri ketika sampai di daerah ekuator gejala ini disebabkan pengaruh gaya coriolis gaya coriolis adalah gaya semu yang timbul akibat rotasi bumi dan gerak benda relatif terhadap bumi titik pembelokan arah angin berdampak pada penyimpangan arah penerbangan titik oleh karena itu, penerbangan pesawat perlu dipantau agar jalurnya sesuai tujuan.

6.Pembelokan arus laut

Arus laut digerakkan angin yang berhembus di permukaan laut arah arus laut mengalami pembelokan akibat berpengaruh pembelokan arah angin yang disebabkan oleh rotasi bumi. arus laut didorong membelok ketika sampai di ekuator pembelokan arus laut berdampak pada penyimpangan arah pelayaran kapal kapal yang melintas di Samudra luas upaya untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah kapal perlu mengatur arah jalur tujuan.


Revolusi Bumi

revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari selama 365 1/4 hari dalam waktu 1 tahun revolusi bumi terjadi akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gravitasi bumi bidang yang dibentuk bumi ketika berevolusi disebut dengan bidang ekliptika, Secara sederhananya, eliptika dapat di ibaratkan sebagai meja datar. Ada sebuah kelereng yang mewakili matahari di letakan ditengah-tengah meja, sementara itu, ada sebuah kelereng lain yang mewakili bumi, mengelinding mengelilingi kelereng pertama( matahari)

revolusi bumi membawa beberapa pengaruh bagi kehidupan di bumi di antaranya 1 pergantian musim di daerah tropis memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan sedangkan di daerah subtropis terjadi 4 musim yaitu musim gugur, salju, semi, dan panas.

revolusi bumi juga menyebabkan adanya gerak semu tahunan matahari Dimana posisi matahari terlihat bergeser sedikit demi sedikit dan tidak selalu terbit di tempat yang sama perbedaan pergantian siang dan malam terjadi karena pergeseran edar matahari sehingga perbedaan siang dan malam tidak selalu sama sebagai contoh di Kutub Utara mengalamisiang 24 jam sedangkan kutub selatan sebaliknya .

Baca juga : TEORI PEMBENTUKAN PLANET BUMI

Dampak Revolusi Planet Bumi bagi Kehidupan

Revolusi planet bumi menyebabkan terjadinya fenomena yang dapat diamati sehari-hari antara lain.

1. Perubahan Durasi Siang dan Malam

Matahari tidak terbit dari tempat yang sama setiap hari, tetapi bergeser sedikit demi sedikit. Pergeseran titik terbit matahari mengikuti garis edar matahari. Posisi matahari bergeser mulai dari ekuator ke garis balik utara kemudian bergeser ke garis balik selatan dengan melewati ekuator. Setelah sampai di garis balik selatan, posisi matahari bergeser kembali lagi ke ekuator.

Pergeseran posisi atau garis edar matahari disebabkan oleh kombinasi revolusi bumi dan kemiringan sumbu bumi terhadap bidang eliptika dan Pergeseran ini berulang selama satu tahun dan terus menerus.

Berikut Pergeseran garis edar matahari dalam setahun serta perubahan keadaan siang dan malam :

Pada 21 Maret hingga 23 September

  • Kutub utara Mendekati Matahari sedangkan kutub selatan menjauhi matahari. posisi kutub utara paling dekat dengan matahari pada 21 Juni
  • Belahan bumi utara menerima sinar matahari lebih banyak dibanding belahan bumi selatan
  • Panjang siang di belahan bumi utara lebih lama dibandingkan di belahan bumi selatan. di sekitar kutub utara ada daerah yang mengalami siang 24jam dan di sekitar kutub selatan ada daerah yang mengalami malam 24 jam
  • Matahari tampak bergeser ke utara hingga garis balik Utara 23⁰  30’ apabila diamati dari ekuator

Pada 23 september hingga 21 Maret

  • kutub selatan Mendekati Matahari, sedangkan kutub utara menjauhi matahari titik posisi kutub selatan paling dekat dengan matahari pada 22 Desember.
  • belahan bumi selatan menerima sinar matahari lebih banyak dibanding belahan bumi utara
  • panjang siang di belahan bumi selatan lebih lama dibanding belahan bumi utara di sekitar kutub utara ada daerah yang mengalami 24 jam dan di sekitar kutub selatan ada daerah yang mengalami siang 24 jam
  • matahari tampak bergeser ke selatan hingga 23⁰ 30’ LS apabila diamati dari ekuator

 Pada 21 Maret dan 23 September

  • kutub utara dan kutub selatan berjarak sama ke matahari
  • belahan bumi utara dan belahan bumi selatan menerima sinar matahari sama banyak
  • durasi siang dan malam sama panjang di seluruh belahan bumi
  • di daerah ekuator matahari tampak melintas tepat di atas kepala 

2.Gerak Semu Matahari

Posisi Matahari terhadap bumi tidak selalu tetap, tetapi mengalami pergeseran. Posisi Matahari pada 22 Desember-21 Juni bergeser ke utara hingga garis balik utara (GBU), yaitu garis bujur 23⁰30’LS.

Pada 21 Maret dan 23 September Matahari berada tepat di ekuator atau khatulistiwa. Pergeseran posisi Matahari ini disebut gerak semu harian Matahari karena sebenarnya matahari tidak bergerak, tetapi planet Bumi yang bergerak.  

3.Pergantian Musim

Pergeseran garis edar matahari dapat mengakibatkan pergantian musim. Pergantian musim terjadi di daerah tropis seperti Asia Selatan, Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Asia Timur, dan Australia Timur.

Di daaerah tropis biasanya di bedakan menjadi musim kemarau dan musim hujan. Sedangkan, di daerah subtropis belahan bumi utara seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada, serta belahan bumi selatan seperti Australia dan Selandia Baru. Musimnya dibedakan musim semi, musim dingin, musim panas, dan musim gugur.

4.Perubahan Kenampakan Rasi Bintang

Susunan banyak bintang diangkasa atau rasi bintang tampak membentuk pola tertentu apabila dilihat dari bumi. Jarak rasi-rasi bintang tampak berdekatan. Akan tetapi, sebenarnya rasi-rasi bintang tidak berdekatan. Letak bintang-bintang jaraknya sangat jauh, tetapi ketika diamati dari bumi seolah-olah jaraknya sangat berdekatan. Contoh rasi bintang seperti Aquarius, Capricornus, Pisces, Gemini, Scorpio, dan Leo.

5.Paralaks Bintang

Paralaks adalah perubahan semu Ketika benda yang diam dilihat dari dua tempat yang berbeda. Efek paralaks digunakan untuk menghitung jarak bintang.


Sekian rangkuman materi tentang rotasi dan revolusi bumi yang kami rangkum dari beberapa sumber semoga bermanfaat dan menambah ilmu kalian tentang dinamika planet bumi terutama materi rotasi dan revolusi bumi, ikuti kami di channel youtube geo volcan yang membahas seputar materi geografi