Hai sahabat geovolcan selamat datang di kelas geografi kali ini kita akan membahas tentang potensi dan sebaran panas bumi yang ada di indonesia, untuk materi ini terdapat pada kelas 11 di BAB ketahanan pangan, industri dan energi.

Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi yang digunakan dalam berbagai bidang pembangunan, maka kebutuhan energi akan semakin meningkat.

Pemakaian energi yang paling besar yaitu sektor transportasi, industri, kemudian rumah tangga.

Saat ini masih banyak menggunakan sumber energi berbahan bakar fosil, seperti minyak bumi gas bumi dan batubara. energi fosil ini keberadaannya di alam semakin berkurang bahkan sampai habis sehingga sifatnya tidak dapat diperbarui.

Selain itu energi fosil berdampak buruk pada lingkungan yang berupa pencemaran dan mengganggu kesehatan dan karena perlu dicarikan sumber energi lain yang dapat diperbaharui bahkan sumber energi yang tidak akan habisnya. Adapun energi yang dapat diperbarui antara lain seperti energi matahari, angin, air, gelombang laut, panas bumi biomassa dan nuklir.

Kali ini kita akan fokus dulu di  potensi Panas Bumi Sebagai energi  baru dan terbarukan di Indonesia

Potensi Energi Panas Bumi Di Indonesia

Panas bumi Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi energi panas bumi yang terbesar di dunia dikarenakan di Indonesia banyak gunung berapi karena terletak pada zona tumbukan lempeng.  Posisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi rawan bencana vulkanik tetapi dibalik resiko tersebut Indonesia diuntungkan dengan melimpahnya potensi panas bumi yang dihasilkan dari gejala pasca vulkanik.  Energi panas bumi geothermal adalah energi panas dari uap air atau sistem hidrotermal.

Negara Indonesia mempunyai 252 lokasi panas bumi yang tersebar mengikuti jalur pegunungan api dari mulai pulau Sumatera Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, dan Sulawesi. berdasarkan lokasinya yaitu sekitar 80% lokasi panas bumi di Indonesia berasal dari Asia dengan sistem vulkanik aktif seperti Sumatera 81 lokasi Jawa 71 lokasi, Bali dan Nusa Tenggara 27 lokasi Maluku 15 lokasi dan terutama Sulawesi Utara 7 lokasi.

Panas bumi dapat dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. panas bumi merupakan sumber energi baru dan terbarukan yang ramah lingkungan. panas bumi tidak menimbulkan polusi gas-gas penyebab efek rumah kaca dan polusi suara kebisingan , aman bagi lingkungan, dan keluaran yang dihasilkan lebih besar dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil Indonesia mempunyai potensi sumber daya energi panas sebesar 40% cadangan panas bumi dunia atau terbesar di dunia potensi tersebut tersebar dalam 312 lapangan panas bumi 

Baca Juga : POTENSI PERSEBARAN KETAHANAN PANGAN

Persebaran PLTP di Indonesia

Pada 2019 kapasitas sumber daya panas bumi mencapai 2.003,3 megawatt (MW) melalui tiga belas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Persebaranya sebagai berikut

NoPLTPPengembang/ OperatorKapasitas TotalWKP, Lokasi
1PLTP SibayakPT Pertamina Geothermal Energy12 MWSibayak – Sinabung, Sumatera Utara
2PLTP SarullaSarulla Operation Ltd330 MWSibual-buali, Sumatera Utara
3PLTP UlubeluPT Pertamina Geothermal Energy220 MWWaypanas, Lampung
4PLTP SalakPT Star Energy Geothermal Salak. Ltd377 MWCibeureum – Parabakti, Jawa Barat
5PLTP Wayang WinduStar Energy Geothermal Wayang Windu227 MWPangalengan, Jawa Barat
6PLTP PatuhaPT Geo Dipa Energy55 MWPangalengan, Jawa Barat
7PLTP KamojangPT Pertamina Geothermal Energy235 MWKamojang – Darajat, Jawa Barat
8PLTP DarajatStar Energy Geothermal Drajat270 MWKamojang – Darajat, Jawa Barat
9PLTP DiengPT Geo Dipa Energy60 MWDataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah
10PLTP KarahaPT Pertamina Geothermal Energy30 MWKaraha Bodas, Jawa Barat
11PLTP MatalakoPT Perusahaan Listrik Negara2,5 MWMatalako, NTT
12PLTP UlumbuPT Perusahaan Listrik Negara10 MWUlumbu, NTT
13PLTP LahendongPT Pertamina Geothermal Energy120 MWLahendong – Tompaso, Sulawesi Utara
Sumber : esdm.go.id

Pengelolaan energi panas bumi

Potensi energi panas bumi di perlu dikelola untuk mendukung ketahanan energi nasional. energi ini berupa air panas alami dari dalam bumi yang bercampur dengan udara dan menghasilkan uap panas(steam). uap panas ini dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi pltp dibangun di beberapa tempat. pengelolaan panas bumi di Indonesia paling besar dilakukan pemerintah melalui PT Pertamina geothermal energy hambatan pengelolaan panas bumi yaitu biaya yang cukup besar untuk membangun instalasi dan lokasi sumber panas bumi berada di kawasan konservasi. 

Keungulan Pengembangan Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi, temperatur di bawah kerak bumi bertambah seiring bertambahnya kedalaman suhu di pusat bumi diperkirakan mencapai 5400 Celcius. Adapun Keungulan dari pengembangan panas bumi antara lain.

  • Energi panas bumi merupakan energi lokal yang tidak dapat diekspor dan sangat ideal untuk mengurangi peran bahan bakar fosil guna meningkatkan nilai tambah nasional dan merupakan sumber energi yang ideal untuk pengembangan daerah setempat/lokal
  • Pemanfaatan energi panas bumi dapat dijadikan pembangkit listrik energi panas bumi, di Indonesia berpotensi total sekitar 27.140 megawatt yang merupakan 40% dari seluruh potensi energi panas bumi yang ada di dunia.
  • Kesetaraan penggunaan energi panas bumi untuk menjadi bahan bakar energi listrik adalah 1000 (megawatt electric) untuk 30 tahun = 465 juta Barrel

keunggulan dari energi panas bumi yaitu reliabel atau handal, berkelanjutan,energi lokal, ramah lingkungan, kontribusi untuk masyarakat lokal.

Dampak Negatif Pengembangan Panas Bumi

Pemanfaatan sumber daya Panas dapat menimbulkan dampak negatif seperti

  • permukaan tanah di sekitar pltp menjadi tidak stabil
  • daerah sekitar pltp rawan mengalami kekeringan
  • dapat mengeluarkan gas beracun seperti arsenik boron dan merkuri

Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya panas bumi dilakukan sesuai prosedur agar dampak negatif tersebut dapat diminimalisasi 

Macam-macam Jenis Energi Panas Bumi

Panas bumi termasuk sumber daya alam yang dapat perbaharui, berpotensi besar sebagai salah satu sumber energi pilihan dalam keanekaragaman energi jenis energi panas bumi bermacam-macam ada 3 antara lain

1 Energi Uap Basah

Energi uap basah ini energi panas bumi yang keluar dari perut bumi yang mengandung sejumlah air uap basah yang keluar dari perut bumi pada mulanya berupa air panas bertekanan tinggi yang pada saat menjelang permukaan bumi terpisah menjadi 20% uap dan 80% air uap basah ini harus dipisahkan dulu antara uap dan airnya agar dapat dipakai untuk menggerakkan turbin pada generator listrik menggunakan separator

2 Energi Panas Bumi Air Panas

Air panas yang keluar dari perut bumi pada umumnya berupa air asin panas yang disebut Brine dan mengandung banyak mineral, karena banyaknya mineral maka air panas ini tidak dapat digunakan langsung sebab dapat menimbulkan penyumbatan pada pipa pipa.

Sistem pembangkit tenaga listrik energi panas bumi air panas ini dapat manfaatkan juga untuk menggerakkan turbin pada generator tetapi biayanya sangat mahal karena harus memakai alat untuk menghasilkan uap kering.

3. Energi Panas Bumi Batuan Panas

Batuan panas yang ada dalam perut bumi terjadi akibat berkontak dengan sumber panas bumi atau magma. Energi panas bumi ini harus diambil sendiri dengan cara menghentikan air ke dalam batuan panas dan dibiarkan menjadi uap panas yang hasilnya, dapat menggerakkan turbin pada generator sumber batuan panas pada umumnya terletak jauh di dalam perut bumi sehingga untuk pemanfaatannya perlu teknik pengeboran khusus dan memerlukan biaya cukup tinggi.

Sekian rangkuman pembahasan tentang potensi energi panas bumi, jangan lupa kunjungi channel youtube kami di geo volcan

Untuk penjelasan materi potensi dan persebaran sumber energi baru dan terbarukan di indonesia bisa lihat video di bawah ini.