Hai sahabat geovolcan kali ini saya rangkumkan point-point tentang prinsip geomorfologi dari pemaparan materi dari prof.Ir. Benyamin Sapiie,Ph.D atau kalian bisa melihat penjelasan beliau di link youtube nya disini

Geomorfologi  mempelajari bentang alam dimana secara umum terdiri dari dua proses bentang alam diwakili oleh geografi fisik sedangkan proses pembentukan nya dikontrol oleh geologi.

Permukaan kesetimbangan antara bentuk alam dan proses akan dikontrol oleh interaksi gaya penggerak (driving force) dan gaya tahan (resistance force)

sedangkan gaya yang mengontrol proses geomorfologi terdiri dari dua yaitu yang disebut sebagai

endogenic (endogen) yang berasal dari dalam bumi sebagai contoh

  • Vulkanisme
  • orogenesa dan tektonisme
  • Heat Flow

eksogenik (eksogen) yang berasal dari luar bumi misalnya

  • gravitasi
  • energi matahari
  • iklim

kombinasi proses endogenik (endogen) dan eksogenik (eksogen) akan membentuk bentang alam

baca juga :

Batuan Pembentuk Litosfer | Geovolcan
Fenomena Geosfer dan penjelasan singkatnya | Geovolcan
Gempa Bumi Atau Seisme | Materi Geografi Mitigasi Bencana Alam

Prinsip Geomorfologi adalah prinsip keseimbangan di mana Menurut konsep Schumm, 1927-2011 keseimbangan dapat diukur oleh sebuah nilai batas ambang (threshold) dan mewakili batasan kesetimbangan yang dapat diukur contoh kasus gerakan tanah akan terjadi peningkatan lereng dan kandungan air.

Di mana threshold terdiri dari ekstrinsik threshold yaitu yang diakibatkan oleh faktor eksternal (gaya Pengerak)atau eksogen

Intrinsik threshold yang terjadi karena ketidakstabilan sistem akibat penurunan gaya tahan atau endogenik

dalam sistem geomorfologi kita akan mengenal interaksi antara lain : geosfer hidrosfer dan biosfer

Kontrol Geomorfologi

salah satu pengontrol utama proses geomorfologi adalah aktivitas bumi yang dinamis dimana aktivitas bumi yang dinamis ini dikontrol karena adanya aktivitas tektonik contoh adanya gempa dan gunung api dimana proses tektonik ini sudah berlangsung jutaan tahun.

Topografi dan Bathymetri Bumi

topografi dan bathymetri memperlihatkan data yang sangat menarik gimana majority permukaan bumi dan dasar lautan didominasi oleh daerah yang datar daerah yang tinggi hanya menempati persentasi yang kecil contoh Australia adalah sebuah benua yang tua yang memperlihatkan majoriti topografinya adalah datarsecara umum data juga memperlihatkan bahwa belahan bumi utara didominasi oleh benua warna coklat ini dan daerah bagian selatan lebih didominasi oleh Samudra.

Isostasi dan Topografi

kesetimbangan topografi permukaan bumi dikontrol oleh hukum isostasi di mana topografi yang tinggi akan mempunyai akar yang dalam Apabila terjadi Erosi permukaan maka akan terjadi perubahan dari akar untuk menjaga kesetimbangan gimana garis kesetimbangan adalah muka air laut.

Batas Lempeng dan Topografi

tektonik lempeng akan mempunyai 3 batas lempeng yang berbeda dimana setiap batas lempeng akan dicirikan oleh topografi yang berbeda sebagai contoh konvergensi yang bersifat subduksasi akan mempunyai Palung dan gunung api.

Hidrosfer dan Biosfer

Interaksi Hidrosfer dan Biosfer akan mempengaruhi iklim global dimana sirkulasi atmosfer dan sirkulasi termohalin lautan dari panas ke dingin atau dingin ke panas akan mempengaruhi sistem presipitasi di mana versifikasi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan berbeda sehingga akan mempengaruhi temperatur juga mempengaruhi jenis tumbuhan yang bisa berkembang antara belahan bumi utara dan bumi selatan karena akan berpengaruh terhadap faktor humiditas.

Kalian bisa lihat penjelasan beliau secara langsung di bawah ini.