Hai sahabat geovolcan kali ini kita akan membahas tentang pelapukan biologi atau organik pada materi geografi dinamika litosfer kelas 10 SMA/MA.

Jenis pelapukan ada 3 yaitu pelapukan mekanik (fisik), pelapukan kimia, dan terakhir pelapukan organik, kali ini kita akan bahas tentang pelapukan biologi atau organik terlebih dahulu.

Apa itu pelapukan biologi atau organic? Pelapukan adalah proses alterasi dan fraksinasi batuan dan material tanah pada atau dekat permukaan bumi yang disebabkan karena proses fisik kimia dan biologi.

Hasil dari pelapukan ini merupakan asal dari batuan sedimen dan tanah (Soil). Pengertian pelapukan biologi adalah proses pelapukan atau penghancuran suatu benda yang disebabkan oleh organisme hidup seperti tumbuhan, hewan, dan manusia umumnya yang sering menyebabkan terjadinya pelapukan yaitu tumbuhan, misalnya seperti lumut yang menempel pada batuan lambat-laun akar-akarnya akan menyebabkan pelapukan pada batuan yang ditempelinya.

Batuan yang hancur berakibat bisa menjadi tanah ataupun jenis batuan baru seperti hasil pelapukan yang terbawa oleh arus air akan mengendap di suatu tempat lambat-laun akan mengeras dan menjadi batu sedimen perlu diketahui peranan makhluk hidup dalam proses pelapukan bisa terjadi secara fisik (mekanis) maupun secara kimiawi.

Pelapukan batuan yang disebabkan oleh hewan

pelapukan bilogi atau organik
pelapukapelapukan hewPhoto by Sippakorn Yamkasikorn on Pexels.com

hewan tersebut dapat berupa hewan berukuran kecil seperti cacing serangga ataupun hewan yang berukuran lebih besar. Aktivitas hewan dapat membantu dalam proses pelapukan secara biologi baik itu dengan cara fisika maupun kimia misalnya kerang dan organisme lainnya di sekitar pantai yang menyebabkan batuan karang rapuh dan berongga.

selanjutnya cacing tanah dan serangga lainnya dapat membantu proses pelapukan pada batu dengan mengeluarkan zat asam dari tubuhnya sehingga batuan mengalami pelapukan secara kimiawi secara perlahan-lahan

Pelapukan batuan yang disebabkan oleh tumbuhan

sama seperti hewan tumbuhan juga dapat menyebabkan terjadinya pelapukan baik itu secara fisika maupun kimia terjadi secara fisika misalnya akar tumbuhan menempel pada batuan Akar tersebut semakin berkembang lalu memberikan tekanan dan menyebabkan batuan tersebut hancur secara perlahan-lahan.

pelapukan tumbuhan
Photo by Maria Orlova on Pexels.com

Secara kimiawi di mana akar tumbuhan yang menempel pada batuan akan mengeluarkan senyawa zat kimia yang sifatnya asam lalu zat asam tersebut akan bereaksi dengan udara menyebabkan batuan rapuh dan terkikis secara perlahan-lahan.

Perlu diketahui kenapa tumbuhan dapat menempel dan hidup pada batuan? karena batuan memiliki semacam mineral yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup tumbuhan.

Baca juga :

Batuan beku | Geovolcan | Batuan Pembentuk Lapisan Litosfer
Batuan Sedimen | Geovolcan | Batuan Pembentuk Lapisan Litosfer
Batuan Malihan Metamorphic Rock | Geovolcan
√BENTUK LAHAN VULKANIS

tanaman lumut yang berada di permukaan batuan kemungkinan akan membuat batuan tersebut mengalami degradasi lemahnya permukaan batuan tersebut diakibatkan oleh proses penyerapan akar serta tingginya PH di sekitar permukaan batuan tersebut karena ekskresi sisa metabolisme lumut.

hal ini akan berakibat permukaan batuan akan cepat mengalami pelapukan adanya penetrasi akar tanaman batuan yang berada disekitar tanaman akan lebih cepat melapuk karena adanya penitrasi akar tumbuhan ke dalam celah celah batuan tersebut sehingga mudah mengalami perpecahan dalam proses penerobosan atau penetrasinya akar-akar tumbuhan akan mengeluarkan semacam enzim yang berfungsi untuk menghancurkan batuan.

Semakin lama akar tersebut akan membesar dan memecah belah batuan tersebut menjadi beberapa bagian beberapa tumbuhan yang akarnya termasuk kuat untuk memecah batuan antara lain tanaman pinang raja, Akasia, dan juga pilicium.

pelapukan batuan oleh manusia

manusia memiliki peranan dalam pelapukan secara biologi seperti yang terjadi dalam aktivitas pertambangan atau pembangunan infrastruktur contoh lainnya beberapa aktivitas manusia yang menyebabkan cepat terjadinya pelapukan adalah penambangan dan juga penebangan pohon secara liar.

Pelapukan oleh manusia
Photo by Pixabay on Pexels.com

Mungkin sekian dulu materi tentang pelapukan biologi atau organik semoga bermanfaat ya…